BAGIKAN
Penekanan tombol sirine penanda resminya KRL beroperasi di lintas Bekasi - Cikarang. (© KAORI Nusantara / Farouq Adhari )

Kementerian Perhubungan pada Sabtu (7/10) siang meresmikan pengoperasian kereta listrik (KRL) lintas Bekasi – Cikarang. Ruas sepanjang 16,74 km ini meliputi empat stasiun, yaitu Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, dan Cikarang.

Simak topik dan berita lainnya: KRL Bekasi-Cikarang

Dalam acara seremoni yang berlangsung di stasiun Bekasi Timur, Kota Bekasi, Budi Karya datang dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB D1/11744 dan D1/11789), yang dioperasikan dengan rangkaian 10 kereta (JR 205-128F). Turut hadir pula wakil Duta Besar Jepang Kozo Honsei serta perwakilan JICA (Japan International Cooperation Agency) selaku pemberi pinjaman.

Baca Juga: Kabar Foto: Peresmian Operasi KRL Bekasi – Cikarang

Dengan total nilai kontrak sebesar 2,3 triliun rupiah yang bersumber dari pinjaman lunak JICA, beberapa prasarana yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan adalah pembangunan listrik aliran atas petak Bekasi – Cikarang, pembangunan stasiun Bekasi Timur, Cibitung, dan Cikarang, penambahan gardu listrik baru di wilayah Buaran, serta penggantian sistem persinyalan 8-bit SSI menjadi sistem 32-bit Kyosan K5B.

Setelah KRL beroperasi, perjalanan Cikarang – Bekasi dapat ditempuh dalam waktu 21 menit, sedangkan Cikarang – Jakarta Kota dalam kondisi ideal dapat ditempuh dalam waktu 90 menit. Sebagai permulaan, sebanyak 32 perjalanan KRL akan beroperasi di lintas ini.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal KRL Stasiun Tambun, Bekasi Timur, Cibitung, Cikarang!

Cemplus Newsline by KAORI | laporan teks oleh Kevin W dan Taufik Adi, foto oleh Farouq Adhari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.