Kesan Pertama: Mikagura School Suite

2
main ss mikagura
9 karakter utama.

Hampir mirip dengan anime lain besutan studio SHAFT, Mekakucity Actors, Mikagura Gakuen Kumikyoku yang lebih dikenal sebagai Mikagura School Suite di ranah internasional merupakan seri animasi yang diangkat dari cerita yang berawal dari lagu Vocaloid.

Namun, jangan salah sangka dulu! Mikagura School Suite sangatlah berbeda dari seri tersebut. Mikagura School Suite malah bisa dideskripsikan dengan protagonis mesum ala Kanako sang lesbian dari Maria+Holic dilempar ke pertarungan sekolah ala Baka to Test, dan hal tersebut bukanlah hiperbola.

er
Eruna saat kemampuannya bangkit.

Mikagura School Suite merupakan seri multimedia karya Last Note (punya lagu satu album, novel dan manga), komposer Vocaloid yang juga terkenal akan lagu Setsuna Trip dan Hello Laughter nya. Untuk animasinya sendiri diadaptasi oleh studio Dogakobo, dengan sutradara Iwasaki Tarou. Desain awal dari Akina sendiri diadaptasi lagi dalam wujud anime dengan tangan Amazaki Manamu.

mikagura 2
Bimii dan Eruna saat Eruna hendak mengikuti ujian masuk.

Inti cerita Mikagura School Suite adalah Eruna, gadis yang masuk akademi berasrama Mikagura demi mengejar gadis cantik. Namun tanpa diketahui sebelumnya, tiap murid harus ikut klub bertema kultural (bukan berkaitan dengan olahraga). Ia harus bertarung antar klub dengan memakai kemampuan super.

Advertisement Inline
no club mikagura
Eruna yang tanpa klub harus tidur di sleeping bag.

Tak punya klub atau klub sering kalah dalam pertarungan berarti murid akan mendapatkan layanan kelas bawah dari sekolah, seperti tidur di sleeping bag sebagai ganti kamar asrama, shower hanya untuk 5 menit atau makanan pagi yang tidak mengenyangkan.

mikagura 4
Pertarungan antar Asuhi dari klub astronomi dan Yuuto dari klub drama.

Kata fast-pace bisa dengan mudah mendeskripsikan anime Mikagura School Suite. Baik cara Eruna berbicara, alur cerita, dan bahkan adegan pertarungannya. Pertarungan di Mikagura School Suite sendiri jelas bukan pertarungan berdarah-darah, tapi dimana para murid dituntut mempergunakan kemampuan super mereka untuk menghancurkan 3 kristal milik lawan (pakai tangan juga bisa). Adegan pertarungan sendiri tidak dianimasikan dengan kualitas yang bagus-bagus amat, namun karena sangat fast-paced, seharusnya penonton tidak akan terlalu merasa terganggu.

seieru
Seisa yang memuji Eruna.

Alur cerita Mikagura memang sangat cepat. Dari Eruna ikut ujian masuk ke sekolah, belum habis satu episode dia sudah diajak masuk Klub Pulang oleh gadis idamannya Seisa. Masih banyak contoh lagi. Mengetahui kemungkinan besar anime ini takkan mempunyai banyak episode, ini harusnya jadi hal yang wajar, namun tetap dapat mengganggu.

mikagura 3
Shigure ditendang Eruna.

Dari animasi biasa, dari action dan alur sangat cepat. Namun, para episode awal Mikagura memiliki komedi lucu dan karakterisasi yang kuat, dan hal ini bisa dipuji. Eruna, fokus dari cerita, digambarkan sebagai seorang yang terlalu positif, sekaligus lesbian yang hobi berkhayal. Ada juga Shigure, seorang kakak sepupu dari Eruna yang memang difokuskan untuk menjadi siscon yang ‘menjijikkan’ dan sering kali jadi bulan bulanan pukulan Eruna. Semua karakter punya ciri khas dan tidak ada yang berkesan terlalu identik secara sifat maupun desain, mulai dari Himi yang polos, Kyouma yang terlihat yankee namun ternyata sangat perhatian terhadap kalsium dari susu, sampai Seisa yang anggun namun dapat tertidur di situasi apapun.

nah
Sudah dibilang, kayaknya anime ini tidak untuk dibawa serius.

Ya, sejauh 3 episode pertama Mikagura, anime ini adalah anime yang tidak untuk dibawa serius. Nikmati saja pertarungan anak SMA demi fasilitas klub yang lebih baik dan tertawai Eruna yang penuh delusi. Asyik ditonton hanya jika menyukai anime komedi apalagi yang lebay dan penuh warna. Jika masih tidak yakin, dapat menyimak beberapa cuplikan di bawah ini.

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | oleh Aya Yuuhi

2 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.