BAGIKAN

pakoban-2015-03

Pasar Komik Bandung (Pakoban) 2015 punya banyak komik menarik. Dalam acara yang diselenggarakan di Braga City Walk pada 9-10 Mei 2015 ini, salah satu karya yang muncul adalah komik Bung Pokrol yang dibuat oleh Donnie Satriadharma.

Ditemui di stannya, Bung Pokrol adalah komik strip yang dimuat di situs hukum Hukumpedia.com, yang mana komik ini mengadaptasikan berbagai peristiwa hukum dengan cara yang ringan dan segar. Bung Pokrol sendiri berasal dari kata pokrol, sebutan untuk orang dengan pengetahuan yang memberikan nasihat hukum namun bukan pengacara.

Advertisement Inline

Berbeda dengan komik lain yang menjadikan hukum sebagai materi sampingan atau kerangka peristiwa, Bung Pokrol menawarkan cara baru melihat berbagai masalah dalam masyarakat dilihat dari sudut pandang hukum secara santai.

“Saudara saya kan seorang pengacara, saya sendiri sebagai seorang sarjana desain visual, tapi akhirnya mulai tertarik bikin komik-komik kecil. Pertama-tama bikin komik parodi kasus Cicak vs Buaya, nah di komik itu si cicak yang menang,” tutur Donnie pada KAORI.

Keahliannya dilirik oleh situs Hukumpedia. Dua tahun lalu, Hukumpedia sedang mencari ilustrator untuk memberi sedikit hiburan di tengah situsnya yang cukup “berat.” Donnie pun memulai pekerjaannya sebagai artis lepas di situs tersebut.

pakoban-2015-04

Membuat komik hukum bukan perkara mudah bagi Donnie. Selama perjalanannya, ia pun ikut membaca berbagai undang-undang. Tetapi ia tetap berusaha mengambil kasus-kasus hukum yang “nyentrik” tapi nyata.

“Misalnya kasus anak SD yang dipidana karena makan donat di kantin sekolah. Ada juga kasus yang lain, kasus gugatan cerai tapi yang mau bercerai dua-duanya waria.”

Bagi Donnie, Pakoban juga acara pertamanya sebagai seorang komikus. Ia berencana mengembangkan komiknya ke depan supaya bisa merangkul lebih banyak pembaca.

“Tapi harus seizin orang di hukumpedia dulu,” tuturnya.

KAORI Newsline | oleh Kevin W

Baca komik karya Donnies di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.