BAGIKAN

Dibandingkan kompetitornya, KAORI Newsline mungkin situs yang paling tidak menarik (dan paling mengerikan) dalam hal tema. Begitu pula saat akhir 2014 lalu Newsline akhirnya meninggalkan desain lama yang menggunakan banyak tabel (dan ramah IE6!)

Kali ini, ada perubahan-perubahan minor yang cukup terasa bila selama ini mengakses Newsline melalui ponsel dan tablet. Berikut daftarnya.

Halaman Utama Tidak Lagi Kusut dan Lebih Ringan

photo_2015-06-13_08-57-01

Advertisement Inline

Perubahan paling mendasar ada bila mengakses Newsline dari ponsel dan dari halaman utama (homepage). Sebelumnya, halaman utama KAORI begitu kusut dengan proporsi teks dan gambar yang kurang rapi. Saat ini telah dilakukan perubahan signifikan sehingga pengguna ponsel bisa langsung mendapatkan 24 entri berita terkini sekaligus laporan fitur yang lebih jelas terlihat deskripsinya.

Selain itu, font weight juga disesuaikan untuk peramban ponsel sehingga pengguna diharapkan tidak menemukan teks yang terlampau tebal. Hal ini bisa dilihat di halaman utama dan di judul artikel (headline.)

KAORI_Nusantara_-_2015-06-13_08.14

Tidak hanya pengguna ponsel, pengguna tablet dan desktop pun akan melihat halaman utama yang lebih ringkas dengan headline bed berwarna biru dan spasi kosong yang lebih sedikit.

Deskripsi Berita

photo_2015-06-13_09-08-07

Terlihat sepele, namun pengguna sering tidak dapat mengetahui apa intisari sebuah berita, terlebih bila mengklik tautan KAORI dari mesin pencari atau dari jejaring sosial. Kini ringkasan (excerpt) dari judul berita juga tersedia tepat di bawah judul.

Di Balik Layar

pagespeed-tabel

Selain memperbaiki tampilan visual, kami juga memperbaiki aspek-aspek di balik layar. Hal ini terbukti di mana Newsline mencapai skor PageSpeed paling tinggi dibandingkan situs-situs lain; hanya kalah dari The Guardian untuk desain mobile. Google PageSpeed adalah alat untuk mengukur seberapa cepat dan nyaman sebuah halaman situs bisa dibuka.

Hasilnya adalah KAORI tidak hanya cepat dibuka melalui koneksi lambat, namun tetap tampil konsisten dalam peramban apapun bahkan menggunakan Opera Mini sekalipun.

Perubahan-Perubahan Lain

photo_2015-06-13_09-32-04
Newsline sebagaimana tampak dari tablet Android (landscape)

Ada beberapa perubahan lain yang sifatnya minor dan akan terus dilakukan ke depan. Tentu tidak hanya tampilan fisik semata yang akan terus diperbaiki; kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan KAORI agar tetap menjadi yang terpercaya di bidang kebudayaan anime dan ekonomi kreatif Indonesia.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.