Ramai-nya para penyuka Kebudayaan Jepang di Gelar Jepang UI 21 Hari Ke-3

1

Gelar Jepang UI

Pada tanggal 7 – 9 Agustus 2015, HIMAJA Universitas Indonesia kembali mengadakan Acara Tahunan mereka yaitu Gelar Jepang Universitas Indonesia. Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (Himaja FIB UI) untuk memperkenalkan  serta menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan antusiasme masyarakat terhadap kebudayaan Jepang.

Advertisement Inline

GJUI diselenggaraan untuk yang pertama kalinya pada tahun 1994. Dalam penyelenggaraan yang ke-21 tahun ini, Gelar Jepang Universitas Indonesia mengundang seluruh masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan serta latar belakang ke dalam rangkaian Gelar Jepang yang akan dilaksanakan selama tiga hari dengan banyak rangkaian acara yang menarik. Akan ada berbagai macam perlombaan, workshop, seminar, penampilan band, dan lain-lain.

Tema utama dalam Gelar Jepang Universitas Indonesia 21 ini adalah ‘Minna no Nihon’ atau ‘Japan for Everyone’ yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat, juga sebagai tempat bagi masyarakat untuk dapat bersenang-senang bersama dalam suasana Jepang. Pada tahun 2014 Gelar Jepang dikunjungi oleh sekitar 27.000 pengunjung selama 3 hari.
Terdapat berbagai acara menarik yang dapat diikuti dan dinikmati oleh pengunjung Gelar Jepang. Ada berbagai jenis lomba seperti lomba makan, seminar, workshop, cosplay, gundam, fotografi, dance cover, karaoke dan lomba band. Pertunjukan di Gelar Jepang juga bermacam-macam. Mulai dari demo bela diri tradisional Jepang seperti ninjutsu dan kendo, sampai pertunjukan musik populer Jepang dari artis dalam dan luar negeri.

DSC03437
Suasana keramaian diluar Acara GJUI 2015. Terlihat banyak pengunjung yang mengantri untuk membeli Tiket On The Spot dari pagi sebelum penjualan tiket dibuka
DSC03457
Suasana di dalam Acara GJUI 2015 Hari Ke-3
DSC03464
Suasana di dekat Panggung GJUI 2015 Day-3
DSC03468
Penampilan dari Grup Idol, Lumina Scarlet

Lalu, pada malam harinya. Acara diisi oleh Penampilan Penyanyi dari Jepang, Hiroaki Kato. Lalu ada penampilan dari Para Finalis Kontestan Miss Kawaii Contest yang diselenggarakan oleh MyKawaii Style dan juga penampilan Girl Band dari Jepang yaitu Silent Siren

DSC03594
Hiroaki Kato Performance
DSC03726
Performance dari Salah satu Kontestan Miss Kawaii Contest, Amanda Sabrina
DSC03685
Penampilan dari Salah satu Kontestan Miss Kawaii Contest, Sheema Sherry
DSC03751
Para Kontestan dengan Para Juri berfoto bersama. Miss Kawaii Contest kali ini dimenangkan oleh Amanda Sabrina, lalu juara ke-2 Sheema Sherry dan Juara 3 Clara Eunike Cecillia. Hadiah utamanya adalah Tiket Pesawat Pulang Pergi ke Jepang
DSC03756
Silent Siren menyambut para penonton yang sudah hadir di GJUI 2015 Hari ke-3
DSC03792
Kemeriahan penonton yang menikmati performance dari Silent Siren
DSC03766
Performance dari Silent Siren

DSC03795

Acara Gelar Jepang Universitas Indonesia Ke-21 tahun ini ditutup dengan Pesta Kembang Api atau yang biasa disebut Hanabi. Jadi untuk Acara GJUI pada tahun ini, Konten Acara nya hampir sama dengan tahun yang lalu, tetapi ditambah dengan beberapa penampilan Guest dari Jepang seperti Hiroaki Kato dan Silent Siren. Dan untuk masalah pengunjung, pada tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. Sampai jumpa di GJUI Tahun depan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.