BAGIKAN
Teaser Tira & Virgo di Kompas
Tira (kostum merah) dan Virgo (kostum putih) dalam teaser di Kompas

Surat kabar harian Kompas mulai hari Senin (7/9) akan memuat serial komik strip superhero baru dari BumiLangit, yaitu Tira & Virgo. Serial ini akan menggantikan serial komik strip superhero Nusantara yang telah berakhir pada nomor 188 di Kompas edisi 5 September. Berbeda dari serial sebelumnya, serial kali ini akan menghadirkan dua karakter superhero wanita Indonesia, yaitu Tira dan Virgo.

Dikonfirmasi di laman Facebook resmi BumiLangit, serial ini akan kembali menghadirkan cerita dari Fajar Sungging, sedangkan gambar dan warnanya kali ini dikerjakan oleh Gerdi Wirata Kusuma atau lebih dikenal dengan sebutan Gerdi WK. Fajar Sungging merupakan putra dari Wid NS (alm.), komikus pencipta Godam. Sementara Gerdi WK dikenal sebagai komikus yang menciptakan karakter jagoan wanita Gina. Keahliannya  menggambar wanita cantik dengan postur yang indah dan detail menjadikan karyanya digemari penggemar komik era 70-an.

Tira merupakan karakter superhero ciptaan komikus Nono GM yang muncul di tahun 1975. Superhero yang identitas aslinya seorang wanita bernama Susie ini memiliki kemampuan bela diri dan dapat memanggil roh sembilan naga dengan bermeditasi. Nono GM yang berasal dari Yogyakarta kerap bertukar pikiran dengan komikus Yogya lainnya, Hasmi, dan menghadirkan karakter-karakter ciptaan Hasmi atau Wid NS seperti Gundala dan Godam dalam komik buatannya. Begitu juga, Hasmi dan Wid NS pernah menampilkan karakter-karakter ciptaan Nono dalam serial komik buatan mereka.

Advertisement Inline

Virgo merupakan superhero ciptaan Jan Mintaraga yang merupakan karakter pendamping dari superhero Kapten Halilintar. Ia pertama kali dimunculkan dalam serial komik Kapten Halilintar yang berjudul Ghorgon di tahun 1973. Virgo yang bernama asli Rini Drajat ini terinspirasi oleh Kapten Halilintar untuk menjadi superhero. Ia memiliki kemampuan menghilang dan menembakkan api dari jari-jari tangannya dengan menggunakan teknologi ciptaan ayahnya.

BumiLangit merupakan pengelola dari banyak IP-IP karakter komik lokal klasik seperti Gundala Putera Petir, Si Buta dari Gua Hantu, Godam, Mandala, Sri Asih, & lainnya. Bekerja sama dengan harian Kompas, BumiLangit menghadirkan kembali karakter-karakter klasik tersebut dalam bentuk komik strip. Beberapa komik strip BumiLangit yang telah diserialisasikan di Kompas di antaranya Si Buta dari Gua Hantu: Taring Andalas, Mandala: Prahara Bukit Dewa Pedang, Gundala Koma, Aquanus & Untara: Pendekar Merpati Perak, Godam, Sri Asih, dan Nusantara. Patriot Cilik juga hadir di setiap edisi Minggu. Komik-komik strip tersebut (kecuali Nusantara yang baru saja tamat) juga telah diterbitkan dalam bentuk cetak.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.