Kekinian: Pengemudi Go-Jek Ini Menggunakan Motor Bergambar Anime

4

Dalam kurun waktu beberapa bulan ini, masyarakat khususnya yang berada di wilayah kota-kota besar di Indonesia mulai cukup mengenal akrab dengan salah satu layanan transportasi berbasis aplikasi, yakni Go-Jek. Go-Jek adalah layanan ojek berbasis aplikasi dimana anda dapat memesan ojek dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar. Ramainya pengguna layanan ini, membuat ojek berbasis aplikasi ini seakan-akan telah menjadi sebuah fenomena tersendiri terutama di wilayah Ibukota. Tidak hanya penggunanya saja yang semakin bertambah, bahkan para pendaftar pengemudi ojek aplikasi ini pun semakin membludak.

DSC03815

Cukup populernya layanan ojek berbasis aplikasi ini tidak jarang muncul banyak pembicaraan mengenai Go-Jek di berbagai media. Belakangan pun mulai bermunculan para pengemudi layanan ojek tersebut yang menggunakan kendaraan yang unik seperti MoGe (Motor Gede). Namun diantara para pengemudi yang unik-unik tersebut, ada salah seorang pengemudi yang dalam mengantarkan penumpang selalu menggunakan motor bergambarkan karakter anime, atau yang lebih dikenal sebagai Itansha.

Beberapa waktu lalu, tim KAORI Newsline berhasil menemui pengemudi Go-Jek tersebut. Ditemui di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pengemudi ojek beraplikasi tersebut tengah mengendarai sebuah sepeda motor Suzuki Inazuma lengkap dengan balutan gambar gadis kapal (Kanmusu – Kantai Musume) Inazuma dari game Kantai Collection.

Advertisement Inline

Memiliki nama lengkap Kresna Noviarditya, pengemudi Go-Jek dengan motor bergambar anime ini terhitung sebagai salah satu pengendara muda. Ia mengakui sudah sekitar satu bulan lebih lamanya ia bergabung dengan armada ojek berbasis aplikasi ini. Simak wawancara tim liputan lapangan KAORI Newsline bersama Kresna, sang pengemudi ojek Itansha berikut ini.

Pertama kami ingin meng-klarifikasi, apakah anda memang benar-benar seorang pengemudi Go-Jek ataukah hanya orang yang meminjam seragam Go-Jek saja?
Tidak, saya benar-benar pengemudi Go-Jek, sudah resmi terdaftar dalam armada ojek tersebut sejak 7 Juli lalu.

Sepertinya anda terhitung masih sangat muda, kenapa tertarik ingin berkarir sebagai seorang “tukang ojek”?
Tertariknya saya untuk bergabung menjadi pengemudi Go-Jek, alasan umumnya sih saya ingin mengisi uang saku saja. Namun untuk alasan khusus kenapa saya tertarik menjadi pengemudi adalah karena ingin belajar mengenal orang banyak yang ada dari berbagai macam lapisan masyarakat. Karena di Go-Jek sendiri para pengemudinya cukup beragam, mulai dari bapak-bapak, ada yang memang sebelumnya tukang ojek, dan ada pula anak-anak muda seperti saya yang bukan tukang ojek namun bergabung dalam armada ojek ini.

Selain menjadi tukang ojek, apakah anda memiliki kegiatan lain?
Ya, saya memang tidak seharian penuh menjadi Go-Jek, sehari-hari saya juga kuliah sebagai mahasiswa, lalu mengajar tutor bahasa, dan saya juga seorang kontributor di salah satu majalah otomotif online, yakni Autonet Magz.

Lalu kenapa Kresna tertarik membawa motor dengan gambar anime, atau yang sering disebut Itansha sebagai motor untuk Go-Jek?
Sebenarnya tidak ada alasan khusus, karena motor yang saya punya hanya motor yang sudah ditempeli gambar anime, ya saya gunakan saja motor tersebut untuk menarik penumpang.

Apakah motor yang anda gunakan ini milik sendiri?
Untuk motor yang saya gunakan sekarang (Suzuki Inazuma) ini milik teman saya, kebetulan ia sedang berlibur ke Jepang sehingga motornya dititipkan ke saya, dan saya gunakan saja untuk narik penumpang.

IMG_1112

IMG_1110

Jika motor ini bukan milik anda? apakah anda biasanya menjadi Go-Jek menggunakan motor biasa yang tidak bergambar anime?
Motor ini memang motor teman saya, namun jika motor pribadi, saya juga dimodif bergambar anime. Dan sebelum menggunakan motor Inazuma ini saya menggunakan satu-satunya motor milik pribadi, Yamaha Scorpio dengan gambar karakter Mutsu dari KanColle.

Kenapa anda menghias motor anda menggunakan gambar anime? Apakah anda salah satu penyuka anime?
Ya, saya cukup suka anime. Untuk alasan kenapa motor saya dihias menjadi Itansha itu sebenarnya saya ingin memodifikasi motor agar terlihat beda.

Kenapa memilih sosok Mutsu sebagai karakter yang menghiasi motor pribadi yang biasa anda gunakan untuk menarik penumpang?
Bagi saya karakter seorang Mutsu sangatlah cocok dengan motor milik saya sendiri. Karena di kalangan penggemar KanColle sosok Mutsu sering dikaitkan dengan karakter yang tidak memiliki peruntungan bagus, begitu juga dengan motor saya, yang nasibnya sering apes. Mulai dari salah rawat hingga kecelakaan.

Wawancara KAORI dengan pengemudi ojek bergambar anime ini berlanjut ke halaman berikutnya.

4 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.