BAGIKAN

Pada akhir bulan September kemarin, situs resmi dari studio animasi Manglobe secara tiba-tiba tidak bisa diakses. Bersamaan dengan tidak bisa diaksesnya situs tersebut, beberapa animator dari studio tersebut melayangkan kekecewaannya karena gajinya tak kunjung dibayar. Hari ini, telah diberitakan bahwa studio animasi tersebut telah jatuh bangkrut.

manglobe

Salah satu animator yang mengeluhkan gajinya tak kunjung dibayar adalah Toshio Kobayashi. Ia adalah animator yang terlibat dalam proyek SNIPES, serta pengarah efek animasi dalam seri film Mobile Suit Gundam UC. Dalam media sosial twitter, ia berkicau tentang gajinya untuk bulan ini dan bulan depan yang tak dibayarkan akibat ketidakmampuan pihak perusahaan. Meski kicauan tersebut telah dihapus, namun dalam akun twitternya ia menyatakan tengah mencari pekerjaan baru.

Advertisement Inline

Tidak terbatas pada Toshio Kobayashi saja, animator lain yang juga mengeluhkan masalah ini adalah Hideto Komori. Sutradara dari Hayate no Gotoku! Heaven Is a Place on Earth ini menyatakan kaget saat mendapat surel konfirmasi terkait tidak dibayarnya gaji yang seharusnya ia terima. Akibat hal tersebut ia pun harus berusaha mencari pekerjaan baru.

Dalam keterangannya ia menyatakan tidak bisa mengakses salah satu situs, dimana pada hari Rabu kemarin, situs Manglobe tidak bisa diakses hingga hari ini. Ia pun memikirkan bagaimana para pegawai dapat menyelesaikan masalah gaji yang tak terbayarkan tersebut. Selain itu, penulis Shigeru Morita dalam akun twitternya juga mengucapkan ada satu studio animasi yang dinyatakan jatuh bangkrut.

Terkait kabar terkini dari studio animasi tersebut, hari ini telah dikabarkan bahwa studio animasi Manglobe telah jatuh bangkrut. Disebutkan bahwa bangkrutnya studio animasi ini sebenarnya sudah dari hari Selasa lalu.

Dalam laporan yang dilansir dari Anime!Anime! Biz, studio animasi Manglobe ini dinyatakan pailit karena tidak bisa membayarkan berbagai hutang-hutang yang ada. Meski tengah mengurusi beberapa hutang yang ada, namun studio tersebut berada dalam keadaan dimana pihaknya tidak bisa melanjutkan kegiatan usaha.

A16581-3088960530.1431016457

Meski sudah dinyatakan bangkrut, namun pada kenyataannya studio animasi ini masih mengerjakan satu proyek animasi yang tergabung dalam Project Itoh. Rencananya Manglobe akan merilis film animasi Genocidal Organ pada tanggal 13 November mendatang. Terkait dengan putusan pailit yang jatuh pada studio animasi ini, disebutkan bahwa kelanjutan proyek yang tengah dikerjakan akan ditentukan nasibnya saat urusan hutang sudah terselesaikan. Dilaporkan pula bahwa proyek Genocidal Organ tidak disebutkan sudah selesai atau tidak selesai. Menurut Anime!Anime! Biz, langkah yang tepat diambil terkait proyek tersebut adalah memindahkan produksi ke studio lain meski hal tersebut tentu beresiko secara penjadwalan yang butuh penyesuaian.

manglobecover

Studio animasi Manglobe berdiri pada tahun 2002 yang didirikan oleh Shinichiro Kobayashi dan Takashi Kochiyama. Beberapa karya dari studio animasi ini adalah Samurai Champloo, The World God Only Knows, Hayate no Gotoku, Ergo Proxy, Samurai Flamenco, serta seri anime Gangsta yang tayang sejak bulan Juli lalu.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.