MONSTER STRIKE

Monster Strike ep 1

Pengisi suara: Yūsuke Kobayashi (Ren Homura), Lynn (Aoi Mizusawa), Jun Fukushima (Oragon), Juri Kimura (Minami Wakaba), Kengo Kawanishi (Akira Kagetsuki)
Karya asli: Gim smartphone dari Mixi
Sutradara: Kazuya Ichikawa (Shadow Skill 3, Tantei Team KZ Jiken Note)
Penulis skenario: Yoichi Katō (Aikatsu!, Duel Masters VS, Yo-Kai Watch)
Desain karakter: Ken’ichi Ōnuki (Gundam Bulid Fighters, Kung Fu Boy Chinmi)
Desain monster: Masahiko Ōkura (Monsuno)
Lagu penutup: Gloria – We Will Rock You
Studio: Studio Hibari (Duel Masters, Double Circle, Taro the Space Alien)

Ren Homura baru saja pindah kembali ke kota tempat ia dan keluarganya pernah tinggal dulu. Namun anehnya, ia memiliki kenangan mengenai masa kecilnya. Setelah membeli smartphone baru, ia diserang oleh seseorang yang mengendalikan monster menggunakan aplikasi gim Monster Strike.

Advertisement Inline

Diangkat dari sebuah gim untuk smartphone, anime satu ini ternyata asik ditonton. Pengemasannya yang ramah untuk penonton anak-anak, komedi yang ringan, dan tak lupa tokoh utama yang doyan berbicara kepada penonton dengan gaya sok keren, menjadikan anime ini tontonan yang menghibur walaupun durasinya sedikit. Ditambah lagi anime ini tersedia untuk ditonton secara gratis di Youtube.

(Halimun Muhammad)

VALKYRIE DRIVE -MERMAID-

Valkyrie Drive ep 1

Pengisi suara: Mikako Izawa (Mamori Tokonome), Yuka Iguchi (Mirei Shikishima), Yurika Kubo (Meifon Sakura), Yuna Yoshino (Akira Hiiragi), Asami Seto (Charlotte Scherzen), Masumi Tazawa (Kasumi Shigure), Saori Ōnishi (Rein Hasumi), Azumi Asakura (Lady J), Hitomi Harada (Momoka Sagara), Kikuko Inoue (Torino Kazami)
Karya asli: Proyek media franchise orisinal Marvelous
Sutradara: Hiraku Kaneko (Seikon no Qwaser, Maken-Ki!)
Penulis skenario: Yōsuke Kuroda (Maken-Ki!, Gundam 00, Jormungand)
Desain karakter: Hiraku Kaneko
Chief animation director: Ippei Ichii (Isuca, Sabagebu!) dan Takeshi Yoshioka
Lagu pembuka: Hitomi Harada – Overdrive
Lagu penutup: Mikako Izawa & Yuka Iguchi – Ultra Super Hyper Miracle Romantic
Studio: ARMS (Ikki Tōsen, Queen’s Blade, Hyakka Ryōran Samurai Girls, Maoyu)

Mamori Tokonome adalah seorang gadis sekolahan yang suatu hari diculik ke sebuah pulau bernama Mermaid. Setelah terbangun di pantai, ia diserang oleh orang-orang di pulau tersebut yang memiliki kemampuan berubah menjadi senjata dan ingin mengetahui kemampuan milik Mamori. Kemudian muncul seorang gadis lain yang juga baru tiba di pulau tersebut yang berusaha melindungi Mamori. Saat Mamori dicium oleh gadis tersebut, ia juga berubah menjadi pedang sehingga mereka dapat melawan balik.

Sebagai bagian dari dari proyek multimedia dengan tema aksi gadis seksi, beragam konten untuk memanjakan penggemar anime menyerempet esek-esek menjadi unsur paling menonjol di sini. Anime ini tidak tanggung-tanggung dalam menampilkan dada wanita, sampai di beberapa bagian benar-benar tidak ditutupi apa-apa, melampaui Bikini Warriors yang tayang musim lalu. Selain adegan telanjang dada, anime ini juga menampilkan celana olah raga, pakaian renang, celana dalam, ciuman dan grepe-grepe antar gadis, sadomasokisme dan bondage, hingga ledakan yang merobek baju lawan yang mengalami critical hit. Kalau keberadaan karakter laki-laki dirasa mengganggu kesenangan menonton anime seperti ini, jangan khawatir karena semua karakternya wanita.

(Halimun Muhammad)

SUBETE GA F NI NARU: THE PERFECT INSIDER

fni

Pengisi suara: Atsumi Tanezaki (Moe Nishinosono), Ibuki Kido (Shiki Magata), Yasuyuki Kase (Souhei Saikawa), Yuko Kaida (Miki Magata), Yui Horie (Setsuko Gidou).
Karya asli: Novel karya Hiroshi Mori
Sutradara: Mamoru Kanbe (Cosmic Baton Girl Comet-san, Elfen Leid)
Penulis skenario: Toshiya Ono (Gatchaman Crowds, Suite Precure)
Desain karakter: Inio Asano
Lagu pembuka: KANA-BOON – Talking
Lagu penutup: Scenario Art – Nana Hitsuji
Studio: A-1 Pictures (Saenai Heroine no Sodate-kata, Shigatsu wa Kimi no Uso, The Idolm@ster)

Souhei Saikawa adalah seorang peneliti yang tergabung dalam sebuah universitas. Selain menjadi peneliti ia juga merupakan guru dari Moe Nishinosono, mahasiswi yang merupakan anak dari pemilik universitas tersebut. Sebagai peneliti Souhei Saikawa sangat mengidolakan sosok ilmuwan ternama Shiki Magata dan sangat ingin bertatap muka langsung. Namun kesempatan berbicara langsung dengan Shiki Magata justru datang pada Moe Nishinosono. Shiki Magata adalah seorang ilmuwan yang disebut-sebut sebagai jenius karena kepintarannya yang telah dimiliki bahkan sejak saat ia masih kecil. Namun kini dunia menyoroti Shiki Magata dengan sorotan berbeda karena keterlibatannya akan pembunuhan sang ayah. Mewujudkan keinginan untuk menemui Shiki Magata, Moe Nishinosono mengajak para peneliti di laboratorium universitasnya pergi berlibur, demi mempertemukan Souhei Saikawa dengan Shiki Magata. Namun sesampainya di sebuah pulau tempat Shiki Magata berada, mereka menemukan sebuah tragedi pembunuhan.

Diadaptasi dari novel misteri karangan Hiroshi Mori, cerita yang ada di seri anime Subete Ga F Ni Naru: The Perfect Insider dapat dikatakan cukup kompleks. Bagi anda yang sedang mencari seri anime dengan cerita yang sedikit berat dan kompleks seri anime ini sangat cocok untuk anda. Bisa dikatakan cerita di seri anime ini baru terlihat arahnya saat memasuki akhir-akhir episode dan itupun perlu penghayatan yang cukup untuk mengerti kemana arah ceritanya. Jika anda tidak biasa dengan gaya penceritaan yang kompleks ini, menonton seri anime ini akan cukup menyulitkan. Lagu pembuka dan penutup di seri anime ini yang dinyanyikan oleh KANA-BOON serta Scenario Art terbilang cukup segar untuk didengar. Selain itu, jika anda sedikit bosan dengan sosok perempuan seperti di kartun Jepang biasanya, sosok Moe Nishinosono yang tampil bagaikan cewek kekinian Ibukota mungkin bisa menjadi hal baru bagi anda.

(Rafly Nugroho)

KAGEWANI

kagewani

Pengisi suara: Tomokazu Sugita (Sousuke Banba), Ryotaro Okiayu (Masaki Kimura).
Karya asli: Karya original yang ditulis oleh Tomoya Takashima
Sutradara: Tomoya Takashima (Yamishibai)
Penulis skenario: Hiromu Kumamoto (Kowabon, Kurayami Santa, Yamishibai)
Desain karakter: Ami Fujikawa, Ryouma Hori
Desian monster: Shunsaku Matsurida
Lagu pembuka: M.S.S Project – Arrival of Fear
Studio: Tomovies (proyek debut)

Seri anime ini mengisahkan mengenai seorang biologis bernama Banba Sousuke yang dalam penelitiannya, menemukan kontak dengan bentuk makhluk hidup baru yang asing. Dalam penelitiannya, Banba Sousuke menemukan makhluk hidup yang disebut sebagai UMA atau Unidentified Mysterious Animal. Para UMA ini sesekali terlihat memangsa manusia yang secara sial sedang berhadapan dengannya.

Kagewani bisa dikatakan menjadi salah satu seri anime yang cukup memberikan warna pada penayangan seri anime di musim ini. Mengambil format sebagai anime singkat berdurasi 8 menit, Kagewani memiliki genre horror yang bertemakan monster buas nan mengerikan. Kesan horror yang ada di seri anime ini cukup ditampilkan dengan baik melalui pewarnaan yang gelap serta penggambaran situasi yang mencekam. Apakah anda mencari seri anime dengan genre horror? Atau kah anda penggemar makhluk cryptid? Atau hanya sekedar penggemar kaiju? Tidak ada salahnya mencoba seri anime singkat yang satu ini.

(Rafly Nugroho)

YOUNG BLACK JACK

[HorribleSubs] Young Black Jack - 04 [480p].mkv_snapshot_20.40_[2015.10.25_09.43.56]

Pengisi suara: Yuuichiro Umehara(Kuroo Hazama), Shizuka Itou(Maiko Okamotor), Junichi Suwabe (Doctor), Kouji Yusa (Yabu)
Karya asli: Seri komik karangan Osamu Tezuka
Sutradara: Mitsuko Kase (Saishuu Heiki Kanojo, Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team – Miller’s report)
Penulis skenario: Ryousuke Takahashi (Astro Boy (1980), Zero Tester, Konpeki no Kantai)
Desain Karakter : Nana Miura (Argevollen, Arakawa Under the bridge, Jungle Emperor Leo)
Lagu pembuka: UMI☆KUUN – I am Just Feeling Alive
Lagu penutup: Takuto – All Categorize
Studio: Tezuka Production (Black jack, Sengoku Musou, Astro Boy)

Young Black Jack mengkisahkan tentang seorang mahasiswa kedokteran yang bernama Kuroo Hazama. Hazama memiliki penampilan yang cukup “mencengangkan” karena di sekujur tubuhnya terdapat bekas jahitan operasi akibat ledakan bom saat dirinya masih kecil. Di masa depan, Hazama memiliki julukan “Black Jack”, seorang dokter ilegal yang memiliki keahlian bedah yang luar biasa.

Jika anda menyukai seri-seri seinen atau memang telah menonton seri Black Jack yang tayang di tahun 2000an, seri ini sangat cocok untuk anda. Kedalaman cerita yang disajikan sangatlah baik, dan setting pada perang Vietnam juga memberi sentuhan psikologi yang cukup mempengaruhi emosi penontonnya.

(Naufal B. Pawenang)

[Daftar panduan seri anime musim gugur 2015 akan terus ditambahkan seiring dengan seri anime baru yang tayang pada musim ini]

KAORI Newsline

3 KOMENTAR

  1. > siapa yang sangka latar cerita ini adalah Bumi di masa depan yang jauh dari masa kini

    Bung, spoiler.

    Terus kalau boleh saran panduan anime musiman itu coba dibuat mengikut “three-episodes rule” atau mungkin dibuat follow-up-nya karena sering ada anime yang gak langsung bagus, atau yang bagus jadi jelek. Mungkin bisa dibuat panduan/evaluasi per episode pertama, ketiga, keenam, dan akhir musim kalau mau lengkap, tapi mungkin kebanyakan ya…

    Terakhir, tag-nya tolong dirapiin dong. Kok bisa ada beda tag “panduan seri anime” dan “panduan” pula? Belum lagi kapitalisasi tag yang di “Panduan Anime Musim Panas 2015” (‘Seri’nya?) agak kurang konsisten.

    Selain itu mah, sudah cukup bagus lah, walaupun review-nya terkesan agak terlalu konservatif dan kurang bervariasi dalam penilaian berdasarkan preferensi. Mungkin coba diusahain ada beberapa (tiga?) orang yang memberikan kesan dan pendapatnya per-anime ketika memungkinkan (contoh: seri original/baru, ada beberapa orang yang kenal dengan serinya, atau telah mengikuti season-season sebelumnya).

    Anyway, good job lah bro!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.