Komposer Pemakai Vocaloid, Suzumu, Mengundurkan Diri

1

44f445dbf68bcf17212ff729ba46ce06

Suzumu, komposer pemakai Vocaloid di website Nico-Nico Douga, secara mendadak pada tanggal 10 Oktober 2015 mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari dunia permusikan sebagai Suzumu melalui blognya. Suzumu dikenal sebagai komposer dari Sakura-Colored Time Capsule dan Indulging: Idol Syndrome, penulis lirik dari Shuuen no Shiori Project, dan juga berkolaborasi dengan penyanyi amatir (Utaite) Soraru untuk lagu penutup anime Dangan Ronpa. Ia juga sempat merilis sebuah album.

Dalam isi blog tersebut Suzumu mengungkapkan bahwa kemundurannya bisa disimpulkan menjadi 3 poin, yaitu ia telah mendapatkan untung dari mengakui lagu dan lirik yang tidak ia punyai, ia telah mengatakan hal yang tak menguntungkan pemilik asli lagu dan lirik tersebut di ranah publik, dan karena kurangnya pengelolaan ia telah membuat orang yang terlibat itu sulit dalam keuangan.

Suzumu tidak memberikan detail atas 3 poin tersebut dan sang orang yang terlibat, namun ia juga mengungkapkan bahwa ada alasan-alasan kecil lain yang tak berkaitan dengan tiga faktor tersebut. Ia juga menegaskan bahwa ia tidak akan membunuh dirinya sendiri dan hanya akan menghentikan kegiatan sebagai ‘Suzumu’.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.