BAGIKAN
MOTUL AUTECH GT-R #1 (sumber: as-web.jp)

12065693_10153807324308267_7993643960627582862_n

Seri ketujuh ajang balap Super GT musim 2015 berlangsung di sirkuit Autopolis (panjang 4.674 m) yang Prefektur Ōita pada hari Minggu tanggal 1 November 2015 sebanyak 65 putaran. Balapan berlangsung dalam kondisi mendung dan sempat diwarnai dengan hujan ringan di pertengahan lomba.

Mobil Nissan GT-R kembali mendominasi podium teratas di kelas GT500 dan GT300. Di kelas GT500, MOTUL AUTECH GT-R #1 yang dikemudikan oleh Tsugio Matsuda dan Ronnie Quintarelli berhasil meraih posisi pertama, sedangkan B-MAX NDDP GT-R GT3 #3 yang dikemudikan oleh Kazuki Hoshino dan Mitsunori Takaboshi berhasil menjadi jawara di kelas GT300. Andre Couto, pembalap berkebangsaan Macau yang mengemudikan mobil GAINER TANAX GT-R GT3 #10 berhasil meraih gelar juara pembalap kelas GT300 dengan jumlah poin 89, meninggalkan tandemnya yang berada di posisi kedua, Katsumasa Chiyo, dengan selisih 20 poin.

Ulasan GT500: Duel Dua GT-R di Posisi Teratas

Advertisement Inline

Kelompok mobil yang terdiri dari CALSONIC IMPUL GT-R #12 (Joao Paulo Lima De Oliveira), ZENT CERUMO RC F #38 (Yuji Tachikawa) dan MOTUL AUTECH GT-R #1 (Ronnie Quanterelli) berhasil memperlebar jarak dengan rombongan pembalap yang berada di belakangnya selepas start. Tiga mobil yang berada di belakangnya, yaitu D’station ADVAN GT-R #24 (Michael Krumm), WedsSport ADVAN RC F #19 (Yuhi Sekiguchi) dan PETRONAS TOM’S RC F #36 (James Rossiter) ikut bertarung memperebutkan posisi keempat.

Kelompok mobil GT500 terdepan yang langsung melepaskan diri selepas start (sumber: supergt.net)
Kelompok mobil GT500 terdepan yang langsung melepaskan diri selepas start (sumber: supergt.net)
Race_Autopolis 3
Dari depan ke belakang: D’Station #24, WedsSport #19, dan Petronas #36 (sumber: supergt.net)

Sekitar putaran kesembilan, GT-R #12 dan RC F #38 meningkatkan kecepatannya dan memulai aksi saling mengejar dan salip-menyalip untuk memperebutkan posisi pertama. Mobil GT-R #1 yang sempat tertinggal di posisi ketiga mulai kembali mengejar kedua mobil tersebut. GT-R #1 berhasil menyusul RC F #38 pada putaran ke-20 dan berhasil menyalip mobil tersebut tiga putaran kemudian karena melebar di tikungan. MOTUL AUTECH GT-R #1 pun mulai menyusul CALSONIC IMPUL GT-R #12 yang berada di urutan teratas.

MOTUL #1 mulai membuntuti CALSONIC #12 yang berada di depan (sumber: supergt.net).
MOTUL #1 mulai membuntuti CALSONIC #12 yang berada di depan (sumber: supergt.net).

Pada pertengahan balapan, berbagai mobil kelas GT500 mulai melakukan pit stop. KeePer TOM’S RC F #37 yang berada di posisi 7 menjadi mobil pertama yang melakukan pit stop pada putaran ke-31 dan kemudian disusul oleh berbagai mobil yang berada di barisan tengah.  Pada putaran ke-35, MOTUL AUTECH GT-R #1 yang berada di posisi 2 dan PETRONAS TOM’S RC F #36 yang berada di posisi 4 kemudian melakukan pit stop pada putaran ke-35. Dua putaran berikutnya, ZENT CERUMO RC F #38 yang sebelumnya berada di posisi 3 kemudian melakukan pit stop. Berturut-turut, ketiga mobil tersebut melakukan pit stop selama 41.4, 42.6, dan 43.6 detik. Setelah berusaha melaju di lintasan selama mungkin, CALSONIC IMPUL GT-R #12 akhirnya melakukan pit stop pada putaran ke-39. Tim tersebut berhasil melakukan pit lebih cepat dari tim lainnya dengan waktu 37.3 detik.

Selepas pit, mobil GT-R #12 yang sekarang dikemudikan oleh Hironobu Yasuda mulai tersusul oleh GT-R #1 karena masih belum dapat melaju secara optimal dengan kondisi ban yang masih dingin. Pada putaran ke-40, GT-R #1 berhasil menyalip GT-R #12. Kedua mobil sempat melakukan aksi saling salip untuk memperebutkan posisi terdepan.  Kedua mobil sempat saling bersenggolan di salah satu tikungan pada putaran ke-47. Posisi kedua mobil tidak berubah hingga akhir balapan.

Senggolan antara MOTUL #1 dan CALSONIC #12 di salah satu tikungan
Senggolan antara MOTUL #1 dan CALSONIC #12 di salah satu tikungan

KEIHIN NSX CONCEPT-GT #17 berhasil meraih posisi ketiga setelah berhasil menyalip mobil PETRONAS TOM’S RC F #36 dan ZENT CERUMO RC F #38 ketika lintasan sempat diguyur hujan ringan di pertengahan lomba.

KEIHIN NSX CONCEPT-GT # yang berhasil finish di posisi ketiga
KEIHIN NSX CONCEPT-GT # yang berhasil finish di posisi ketiga

Di sisi lain, enam tim teratas masih berpeluang untuk memperebutkan gelar juara pembalap di kelas GT500 pada seri terakhir Super GT 2015 yang digelar di sirkuit Motegi pada tanggal 14-15 November, yaitu  CALSONIC IMPUL GT-R #12 (Hironobu Yasuda dan Joao Paulo Lima De Oliveira), MOTUL AUTECH GT-R #1 (Tsugio Matsuda dan Ronnie Quanterelli), ZENT CERUMO RC F #38 (Yuji Tachikawa dan Hiroaki Ishiura), S Road MOLA GT-R #46 (Satoshi Motoyama dan Masataka Yanagida), RAYBRIG NSX CONCEPT-GT #100 (Naoki Yamamoto dan Takuya Izawa) dan PETRONAS TOM’S RC F #36 (Daisuke Ito dan James Rossiter).

MOTUL AUTECH GT-R #1, pemenang seri ketujuh Super GT kelas GT500
MOTUL AUTECH GT-R #1, pemenang seri ketujuh Super GT kelas GT500

Hasil seri ketujuh Super GT musim 2015 Sirkuit Autopolis kelas GT500:

  1. #1 MOTUL AUTECH GT-R – Tsugio Matsuda & Ronnie Quintarelli – 1:50’42.495 (65 Laps)
  2. #12 CALSONIC IMPUL GT-R – Hironobu Yasuda & J.P.L.De Oliveira – +0.348
  3. #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – Koudai Tsukakoshi & Hideki Mutoh – +14.056
  4. #38 ZENT CERUMO RC F – Yuji Tachikawa & Hiroaki Ishiura – +16.235
  5. #36 PETRONAS TOM’S RC F – Daisuke Ito & James Rossiter – +31.049
  6. #46 S Road MOLA GT-R – Satoshi Motoyama & Masataka Yanagida – +41.666
  7. #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – Takashi Kogure & Oliver Turvey – +49.280
  8. #6 ENEOS SUSTINA RC F – Kazuya Oshima & Yuji Kunimoto – +55.011
  9. #19 WedsSport ADVAN RC F – Juichi Wakisaka & Yuhi Sekiguchi – +1 Lap
  10. #64 Epson NSX CONCEPT-GT – Daisuke Nakajima & Bertrand Baguette – +1 Lap
  11. #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – Naoki Yamamoto & Takuya Izawa – +1 Lap
  12. #37 KeePer TOM’S RC F – Andrea Caldarelli & Ryo Hirakawa – +1 Lap
  13. #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – Kohei Hirate & Heikki Kovalainen – +1 Lap
  14. #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – Kosuke Matsuura & Tomoki Nojiri – +3 Laps
  15. #24 D’station ADVAN GT-R – Daiki Sasaki & Michael Krumm – +19 Laps

Ulasan jalannya balapan di kelas GT300 berlanjut ke halaman selanjutnya.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.