Hasil Super GT Autopolis: Nissan GT-R Kembali Dominan di Semua Kelas

2

Ulasan GT300: Kegagalan SYNTIUM Apple LOTUS #2 dan Dominasi Podium Mobil GT3

Drama yang menimpa beberapa mobil di kelas GT300 sudah terjadi sebelum balapan dimulai. Tercatat ada empat mobil yang harus memulai balapan dari area pit karena masalah teknis, yaitu TOYOTA PRIUS apr GT #31, UPGARAGE BANDOH 86 #20, MANEPA LAMBORGHINI GT3 #88, dan VivaC 86 MC #25. Lamborghini #88 gagal memulai lomba, sedangkan GT-86 #25 terpaksa harus mundur pada putaran ke-14 karena masalah getaran pada bagian mesin.

Suasana start seri ketujuh Super GT kelas GT300
Suasana start seri ketujuh Super GT kelas GT300 (sumber: as-web.jp)

Selepas start¸ mobil SYNTIUM Apple LOTUS #2 (Hiroki Katoh) dan ARTA CR-Z GT #55 (Shinichi Takagi) yang berada di posisi kedua langsung meninggalkan rombongan mobil yang berada di belakangnya. Jarak antara kedua mobil sempat menyentuh angka 10 detik pada putaran kesepuluh, sementara itu di saat yang sama laju mobil #55 mulai melambat, sehingga mulai terkejar oleh rombongan mobil yang berada di belakangnya, yaitu Audi R8 LMS ultra #21 (Tomonobu Fuji), SUBARU BRZ R&D SPORT #55 (Takuto Iguchi), GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0 (Tatsuya Kataoka), dan RUNUP Group & DOES GT-R #360 (Hiroki Yoshida).

Dari depan ke belakang: Hatsune Miku #0, Audi R8 #..., Subaru #61, B-MAX NDDP #3
Dari depan ke belakang: Hatsune Miku #0, Audi R8 #21, Subaru #61, B-MAX NDDP #3 (sumber: as-web.jp).
RUNUP Group & DOES GT-R #360 yang sempat bersaing di barisan teratas (sumber: supergt.net)
RUNUP Group & DOES GT-R #360 yang sempat bersaing di barisan terdepan (sumber: supergt.net)

Mobil SYNTIUM Apple LOTUS #2 pun menerapkan strategi untuk melaju selama mungkin sebelum melakukan pit stop. Pada pertengahan lomba (putaran 25 hingga 33), mobil tersebut berhasil memimpin lomba dengan jarak sekitar 13-15 detik dari mobil yang berada di belakangnya, GOODSMILE HATSUNE MIKU #0, sebelum akhirnya masuk pit pada putaran ke-42.

SYNTIUM Apple Lotus #2 yang tampil dominan pada awal balapan.
SYNTIUM Apple Lotus #2 yang tampil dominan pada awal balapan (sumber: supergt.net).

Selepas pit stop, mobil #2 yang sekarang  dikemudikan oleh Kazuho Takahashi berhasil mempertahankan posisinya di urutan pertama, disusul oleh B-MAX NDDP GT-R GT3 #3 (Mitsunori Takaboshi) yang sebelumnya memulai balapan dari urutan kedelapan dan berhasil naik ke posisi ketiga sebelum pit stop, dengan jarak 2 detik. GT-R #3 berhasil menyalip mobil Lotus #2 pada putaran ke-43 setelah lintasan mulai diguyur hujan ringan. Kesempatan Lotus #2 untuk meraih podium pertamanya harus terhenti karena pada putaran ke-54 mobil tersebut mengalami pecah ban di bagian kiri belakang dan harus mundur dari perlombaan.

GAINER TANAX GT-R #10 yang berhasil menembus posisi teratas setelah sebelumnya memulai lomba dari posisi ke-14 (sumber: supergt.net)

Beberapa saat setelah mundurnya Lotus #2 dari perlombaan, mobil GAINER TANAX GT-R GT3 #10  yang dikemudikan oleh Katsumasa Chiyo berhasil menembus posisi kedua. Sebelumnya, rekan setimnya Andre Couto berhasil membawa mobil ini yang start dari urutan ke-14 ke posisi kelima sebelum melakukan pit stop pada putaran ke-34. Selepas jeda pit, mobil ini berhasil naik ke urutan teratas setelah berbagai kompetitor yang berada di depannya mengalami masalah, seperti Prius #31, CRZ #55, dan BRZ #61 yang mengalami masalah teknis, SLS #0 yang ikut melambat setelah bertarung memperebutkan posisi kedua, serta Lotus #2 yang mundur dari perlombaan karena pecah ban. Mobil ini pun berhasil mempertahankan kecepatannya hingga berhasil memotong jarak dengan GT-R #3 yang memimpin lomba menjadi 10 detik pada putaran ke. Di belakangnya, Studie BMW Z4 #7 yang dikemudikan oleh Jorg Mueller berhasil meraih posisi ketiga.

Studie BMW Z4 GT3 #7, peraih posisi ketiga kelas GT300
Studie BMW Z4 GT3 #7, peraih posisi ketiga kelas GT300 (sumber: as-web.jp)

B-Max NDDP GT-R #3 akhirnya berhasil finish di posisi pertama di kelas GT300, disusul oleh GAINER TANAX GT-R GT3 #10 dengan selisih waktu 3,6 detik. Hasil tersebut membuat Andre Couto berhasil meraih juara pembalap serta tim GAINER meraih juara tim di kelas GT300. Studie BMW Z4 #7 berhasil finish di posisi ketiga. Sementara itu, mobil GOODSMILE HATSUNE MIKU #0 berhasil finish di posisi ke-7 dengan selisih waktu +1’14.750, sedangkan mobil PACIFIC McLaren with μ’s #9 harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-20, tertinggal tiga putaran dari pimpinan balapan.

B-Max NDDP GT-R GT3 #3, pemenang seri ketujuh Super GT kelas GT300
B-Max NDDP GT-R GT3 #3, pemenang seri ketujuh Super GT kelas GT300 (sumber: supergt.net)
Pacific McLaren with .. #9 yang masih belum beranjak dari posisi papan bawah.
Pacific McLaren with μ’s #9 yang masih belum beranjak dari posisi papan bawah (sumber: as-web.jp).
Kru tim GAINER yang merayakan keberhasilan timnya serta salah satu pembalapnya, Andre Couto, yang meraih gelar juara di kelas GT300
Kru tim GAINER yang merayakan keberhasilan timnya serta salah satu pembalapnya, Andre Couto, yang meraih gelar juara di kelas GT300 (sumber: supergt.net)

Hasil seri ketujuh Super GT musim 2015 Sirkuit Autopolis kelas GT300:

  1. #3 B-MAX NDDP GT-R – Kazuki Hoshino & Mitsunori Takaboshi – 1:51’17.185 (60 Laps)
  2. #10 GAINER TANAX GT-R – Andre Couto & Katsumasa Chiyo – +3.628
  3. #7 Studie BMW Z4 – Jorg Mueller & Seiji Ara – +45.102
  4. #77 K’sFrontier Direction 458 – Naoki Yokomizo & Kyosuke Mineo – +55.281
  5. #21 Audi R8 LMS ultra – Richard Lyons & Tomonobu Fujii – +56.394
  6. #55 ARTA CR-Z GT – Shinichi Takagi & Takashi Kobayashi – +1’05.335
  7. #0 GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS – Nobuteru Taniguchi & Tatsuya Kataoka – +1’14.750
  8. #33 Excellence Porsche – Yuya Sakamoto & Kenta Yamashita – +1 Lap
  9. #20 UPGARAGE BANDOH 86 – Yuhki Nakayama  & Yuji Ide – +1 Lap
  10. #60 SYNTIUM LMcorsa RC F GT3 – Akira Iida & Hiroki Yoshimoto – +1 Lap
  11. #87 CrystalCroco LAMBORGHINI GT3 – Takayuki Aoki & Koji Yamanishi – +1 Lap
  12. #65 LEON SLS – Haruki Kurosawa & Naoya Gamou – +1 Lap
  13. #31 TOYOTA PRIUS apr GT – Koki Saga & Yuichi Nakayama – +1 Lap
  14. #360 RUNUP Group&DOES GT-R – Hiroki Yoshida & Atsushi Tanaka – +1 Lap
  15. #48 DIJON Racing GT-R – Hiroshi Takamori & Masaki Tanaka – +1 Lap
  16. #50 SKT EXE SLS – Masaki Kano & Hideto Yasuoka – +1 Lap
  17. #51 JMS LMcorsa Z4 – Morio Nitta & Shigekazu Wakisaka – +1 Lap
  18. #30 NetMove GT-R – Hiroshi Koizumi & Yuki Iwasaki – +2 Laps
  19. #111 Rn-SPORTS GAINER SLS – Masayuki Ueda & Kazuya Tsuruta – +2 Laps
  20. #9 PACIFIC McLaren with μ’s – Takuya Shirasaka & Ryohei Sakaguchi – +2 Laps
  21. #2 SYNTIUM Apple LOTUS – Kazuho Takahashi & Hiroki Katoh – +11 Laps
  22. #22 GREENTEC SLS AMG GT3 – Hisashi Wada & Masaki Jyonai – +11 Laps

DNF. #61 SUBARU BRZ R&D SPORT – Takuto Iguchi & Hideki Yamauchi – +29 Laps
DNF. #5 MACH SYAKEN with Iracon 86c-west – Tetsuji Tamanaka & Shogo Mitsuyama – +29 Laps
DNF. #25 VivaC 86 MC – Takeshi Tsuchiya & Tatsuya Tanigawa – +46 Laps
DNF. #11 GAINER TANAX SLS – Katsuyuki Hiranaka & Bjorn Wirdheim – +57 Laps
DNS. #88 MANEPA LAMBORGHINI GT3 – Manabu Orido & Kazuki Hiramine

Keterangan:
DNF –> Did Not Finish: Peserta gagal menyelesaikan balapan
DNS –> Did Not Start: Peserta gagal memulai balapan. 

Cuplikan jalannya balapan seri ketujuh Super GT musim 2015 di sirkuit Autopolis dapat dilihat melalui video di bawah ini.

 

KAORI Newsline | Oleh: Tanto D.

2 KOMENTAR

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses