BAGIKAN

Menyambut musim ujian masuk perguruan tinggi di Jepang, sebuah perguruan tinggi di Setagaya, Tokyo, Kokushikan University memasukkan soal-soal bertema anime Jojo’s Bizarre Adventure pada soal ujian Geografi mereka.

Mari simak beberapa soal-soal bertema Jojo tersebut:

Jojo’s Bizarre Adventure karyaHirohiko Araki adalah sebuah komik mengenai pertempuran 200 tahun antara keluarga Joestar dengan musuh bebuyutan mereka, Dio, dan keturunannya. Bagian ketiga dari serial ini yang bertajuk Stardust Crusaders mengambil setting pada rute perjalanan antara Jepang dan Mesir, dan sebuah insiden sempat terjadi. Serial ini mengadaptasi genre yang dikenal sebagai road move, dan dari perspektif geografis, budaya dan kebiasaan yang beragam dari Asia dan Afrika Utara ditampilkan dengan sangat menarik. Bayangkan perjalanan keluarga Joestar dari Jepang ke Mesir (di mana cerita ini bersettingkan tahun 1987), jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini dari 1 sampai 10:

cahzyciuuaaro3a

1. Keluarga Joestar naik pesawat dari Narita menuju Kairo. Di tengah perjalanan pesawat mengalami kecelakaan dan harus mendarat darurat di Hong Kong. Pilihlah mana berikut ini yang merupakan budaya kuliner Hong Kong:
1) Masakan Beijing (seperti bebek Peking)
2) Masakan Shanghai (seperti xiaolongbao atau kepiting Shanghai)
3) Masakan Sichuan (seperti dandanmian atau mapo doufu)
4) Masakan Kanton (seperti yum cha)

2. Keluarga Joestar berlayar dari Hong Kong menuju Ho Chi Minh City, dan lagi-lagi mengalami kecelakaan. Pulau manakah yang merupakan pulau sengketa antara Tiongkok dengan negara tetangganya:
1) Pulau Odasawara
2) Pulau Okinotori
3) Pulau Senkaku
4) Pulau Spratly

CaHzyhiUcAA5Syb

9. Sesampainya di Mesir, keluarga Joestar melewati padang pasir dan sampai di Kuil Abu Simbel. Abu Simbel adalah reruntuhan dari masa kerajaan baru Mesir kuno yang ditemukan pada awal abad 19, namun pada era 1960an kondisinya terancam dengan proyek pembangunan bendungan hingga akhirnya dipindahkan oleh UNESCO dan masuk dalam daftar Warisan Budaya Dunia. Apa nama bendungan yang selesai tahun 1970 tersebut:
1) Bendungan Aswan
2) Bendungan Three Gorges
3) Bendungan Akosombo
4) Bendungan Itaipu

CaHzzVqVIAIWd1_

10. Keluarga Joestar mengitari Sungai Nil, melewati Luxor, , dan akhirnya sampai di Kairo di mana mereka akhirnya menghadapi Dio. Lebih dari 50 hari, menurut anda berapa banyak negara yang sudah dilewati mereka, termasuk Jepang dan Mesir? Pilihlah jawaban terbaik Jangan memilih negara yang cuma dilewati daerah perairannya saja:
1) 5 negara
2) 10 negara
3) 15 negara
4) 20 negara

Tertarik menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas?

KAORI Newsline | Courtesy of Kai-You & ANN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.