Takeshima Dakkan, Nasionalisme ala Cool Japan

0
Title screen menampilkan gambar Haruka Takeshima di tengah. (TEAM Takeshima)

Ketegangan antara Jepang dan negara tetangganya telah menjadi bahasan sehari-hari. Mulai dari pengakuan Jepang akan kejahatan selama Perang Dunia II dalam buku pelajaran sekolah sampai sengketa perbatasan, manuver politik dan militer Jepang selalu memicu kontroversi.

Di tengah-tengah manuver rezim ultranasionalis di bawah kepemimpinan perdana menteri Shinzo Abe, sejumlah kalangan ultra-kanan di Jepang menciptakan permainan bertema perebutan wilayah perbatasan. Berjudul Takeshima Dakkan, permainan dengan gaya gambar ala anime ini dirilis oleh Team TAKESHIMA yang berlokasi di wilayah Kanto, Jepang.

Sebagaimana dilansir Zakzak, permainan ini dirilis pada 22 Februari 2016 untuk memperingati hari Takeshima, Takeshima Dakkan mengisahkan Haruka Takeshima yang harus merebut kembali pulau Takeshima,  yang saat ini juga diklaim oleh Korea Selatan sebagai pulau Dokdo.

Permainan berukuran sekitar 100-an MB ini hadir dengan premis sederhana: merebut kembali pulau Takeshima (Dokdo) dari Korea Selatan.

Tampilan yang muncul bila pemain gagal menyelesaikan misinya.
Tampilan yang muncul bila pemain gagal menyelesaikan misinya.

Menariknya, sang pembuat permainan ini mengklaim bahwa permainannya adalah cara unik melawan narasi Korea Selatan.

“Di Korea Selatan, ada gerakan perlawanan terhadap Jepang bernama VANK, tapi mereka tidak ada di Jepang. Dengan membuat permainan ini, kami memberitahukan kondisi sebenarnya di Takeshima, ala Cool Japan.”

Cukup dengan dimainkan menggunakan tetikus komputer, sang kreator juga berharap agar permainan ini menyenangkan untuk dimainkan sembari bisa menambah pengetahuan tentang Takeshima dan menggalang simpati pemainnya.

Sebelumnya di Korea Selatan, telah ada komik berjudul Treasure Hunter yang mengisahkan pula mengenai persengketaan kedua pulau ini dari sudut pandang Korea Selatan.

Persengketaan Jepang dan Korea telah berlangsung sekitar lima abad, namun sengketa modern saat ini bermula dari klaim mengenai apakah Jepang menarik kedaulatannya dari wilayah Liancourt, kawasan pulau Takeshima berada. Korea Selatan mengklaim karang Liancourt termasuk dalam bagian yang dikembalikan oleh Jepang kepada Korea Selatan, namun Jepang menolak mengakui hal ini.

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.