Next Door Land: Game Edukasi Jelajah Indonesia dan Australia

0

Pemerintah Australia dan Indonesia meluncurkan game edukasi berbasis aplikasi ‘Next Door Land’ sebagaimana dilansir dari JPPN.

Aplikasi game yang dirancang untuk siswa SD dan SMP ini adalah hasil kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia lewat Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) dengan Kedutaan Besar Australia di Jakarta serta dengan pengembang game Agate, ‘Asia Education Foundation‘ dan Asosiasi Pemuda Australia-Indonesia (AIYA).

‘Next Door Land’ adalah game petualangan di mana para siswa (pemain) bisa memilih sejumlah kota di Australia atau Indonesia untuk dijelajahi. Misalnya, jika pemain memilih Jakarta, maka ia akan dibawa ke suasana Jakarta dengan sejumlah ikonnya, seperti Monas, dan bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya sepanjang permainan. Atau, jika memilih Australia, siswa bisa berlomba mencapai puncak jembatan Sydney Harbour.

Game ini bermaksud untuk mengajarkan para siswa tentang sejarah, musik, olahraga, arsitektur dan mitologi dari kedua negara. Lebih jauh lagi, ‘Next Door Land’ disiapkan untuk memupuk rasa persahabatan antar kedua negara sejak usia dini sekaligus untuk mempererat hubungan Indonesia dengan Australia.

Aplikasi game ini baru bisa diakses dalam beberapa bulan mendatang. Nantinya, ‘Next Door Land’ bisa diunduh lewat perangkat android, iOS, dan Windows, atau melalui situs Rumah Belajar sebagaimana pada tautan berikut ini, iTunes serta android Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT).

KAORI Newsline

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.