Kamis (24/3) lalu, rangkaian kereta perdana milik Honolulu Authority for Rapid Transit (HART), perusahaan transportasi publik di pulau Hawaii, Amerika Serikat (AS), tiba di Honolulu. Rangkaian kereta rel listrik (KRL) tanpa masinis (driverless) yang akan digunakan untuk Honolulu Metro ini telah selesai dirakit dan sudah siap untuk dioperasikan.

Rangkaian kereta buatan Hitachi Rail Italy, Ltd (dahulu Ansaldo Breda) ini dipersiapkan sejak tahun 2014 lalu untuk dioperasikan di Honolulu Metro, jalur kereta komuter kota Honolulu, pulau Hawaii, AS yang sedang dalam proses pembangunan. Sebanyak 20 rangkaian (trainset) KRL formasi 4 kereta dipesan HART untuk armada Honolulu Metro yang direncanakan beroperasi mulai tahun 2018 mendatang. KRL ini memiliki lebar sepur standar internasional (standard gauge), 1435 mm dengan sumber tenaga rel ketiga (Third Rail) Listrik Aliran Bawah (LAB) bertegangan 750V DC.

us-honolulu_metro_car
Salah satu unit KRL Honolulu Metro yang rampung dirakit di pabrik Hitachi Rail Italy, Pittsburg – AS | Foto : Railway Gazette

Sebanyak 1 trainset (4 unit) KRL perdana Honolulu Metro ini rampung diproduksi pada awal 2016 lalu di pabrik Hitachi Rail Italy, Ltd di Pittsburg, California – AS. Walaupun dirakit hingga selesai di AS, bodi kereta-kereta ini dibuat di pabrik Hitachi Rail Italy di Reggio Calabria, Italia sebelum dikirim ke pabrik Pittsburg untuk dirakit lebih lanjut. Rangkaian KRL perdana ini kemudian dikirim menuju Honolulu via jalur laut pada 10 Maret 2016 silam. Setelah berlayar hampir dua pekan, pada 24 Maret 2016 kiriman rangkaian KRL perdana ini akhirnya tiba di Hawaii dan menjadi rangkaian kereta pertama sepanjang sejarah yang tiba di pulau wilayah barat AS tersebut.

FA-20160126a
Proses perakitan unit-unit KRL Honolulu Metro di pabrik Hitachi Rail Italy, Pittsburg – AS | Foto : Ansaldo Honolulu

Proyek sarana dan prasarana penunjang Honolulu Metro ini digarap oleh konsorsium Ansaldo Honolulu yang merupakan gabungan dari Ansaldo STS dan Ansaldo Breda yang kemudian berganti nama menjadi Hitachi Rail Italy, Ltd. Ansaldo STS akan mengerjakan sistem persinyalan, kendali kereta dan komunikasi sedangkan Hitachi Rail Italy mengerjakan pembuatan armada keretanya. Sejak 2014 hingga saat ini, sudah 3 trainset (12 unit) KRL yang dibuat oleh Hitachi Rail Italy dan masih akan terus berlanjut hingga terpenuhi keseluruhan 20 trainset (80 unit) KRL sesuai pesanan HART. KRL yang digunakan Honolulu Metro ini juga mencatat sejarah sebagai kereta driverless pertama yang beroperasi di AS.

tn_us-honolulu_west_loch_station_groundbreaking_1
Peresmian (groundbreaking) stasiun perdana Honolulu Metro, West Loch (26/2)

Honolulu Metro adalah jalur kereta komuter pertama dan satu-satunya di pulau Hawaii. Jalur kereta dengan 21 stasiun ini rencananya akan menghubungkan East Kapolei di wilayah barat Honolulu dengan Ala Moana di wilayah timur Honolulu.  Pembangunan proyek ini terbagi dalam dua fase, diantaranya fase pertama yang dimulai dari East Kapolei hingga Aloha Stadium yang rencananya mulai dioperasikan tahun 2018, dilanjutkan fase kedua dari Aloha Stadium menuju Ala Moana yang direncanakan rampung dan dioperasikan di tahun berikutnya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.