BAGIKAN

Trenitalia, perusahaan operator kereta api (KA) Italia memesan tambahan satu rangkaian (trainset) kereta rel listrik (KRL) tipe regional seri Coradia Meridian dari Alstom, salah satu produsen kereta terkemuka dunia. Satu rangkaian KRL dengan formasi 6 kereta ini direncanakan untuk beroperasi di wilayah regional Trentino, sekitar 600 km dari Ibukota negara, Roma.

tn_it-trenitalia-alstom-coradiameridian-trentino-impression
Ilustrasi desain KRL Coradia Meridian untuk wilayah Trentino, Italia | Sumber : Alstom

Coradia Meridian adalah produk KRL regional Alstom yang hanya beroperasi di Italia. Dapat dikatakan bahwa Coradia Meridian adalah KRL ‘endemik’ Italia yang didesain khusus oleh alstom. Jenis KRL ini dibuat di pabrik Alstom yang terletak di Savigliano, Sesto San Giovanni dan Bologna, Italia. Saat ini, lebih dari 100 rangkaian KRL Coradia Meridian sudah beroperasi di 7 wilayah regional di Italia, diantaranya Piedmont, Lombardy, Tuscany, Umbria, Lazio (untuk kereta bandara), Marche, Abruzzo dan akan segera beroperasi di wilayah Campania, Trentino dan Sisilia.

“Kami bangga, Trenitalia terus memperbarui kepercayaannya pada kami dan berterima kasih karena kini wilayah Trentino akan menggunakan kereta ini. 10 wilayah regional di Italia, dari Trentino hingga (pulau) Sisilia telah memilih kereta kami untuk meningkatkan pelayanan bagi para penumpang di wilayahnya. Coradia Meridian adalah kereta buatan Italia, dan sebuah keuntungan dari pengalaman yang dimiliki Alstom di bidang transportasi regional.” tutur Managing Director Alstom di Italia, Pierre Louis Bertina.

trenord
Salah satu rangkaian KRL Coradia Meridian, Trenord yang melayani wilayah regional Lombardy, Italia | Foto : ferpress.it
Advertisement Inline

KRL ini dapat melesat hingga kecepatan 160 km per jam, dan berkapasitas tempat duduk sekitar 324 penumpang, termasuk dengan 42 tempat duduk yang dapat dilipat. Salah satu keunikan KRL ini adalah digunakannya jenis bogie yang terletak di sambungan antar kereta (articulated truck), seperti pada Railbus yang diproduksi Industri Kereta Api (INKA), Madiun – Indonesia.

Coradia Meridian adalah seri kereta regional yang sangat ramah bagi penggunanya. Berbagai fasilitas yang tersedia memudahkan penumpang, diantaranya pintu penumpang yang didesain lebih rendah untuk menyesuaikan dengan ketinggian peron stasiun-stasiun di Italia yang rendah. Pada setiap pintu, terdapat pijakan kaki (footstep) lipat yang menjembatani celah peron dengan kereta dan keluar pada saat pintu terbuka, seperti pada KRL-KRL komuter Jabodetabek buatan INKA.

Terdapat pula beberapa fasilitas lain yang menunjang keamanan dan kenyamanan penumpang, diantaranya kamera pengawas di beberapa titik untuk keamanan penumpang selama perjalanan, sistem informasi audio, layar video yang digantung di langit-langit kereta, signage dengan huruf Braille yang sangat berguna bagi penumpang Tunanetra, sumber listrik (stop kontak) untuk mengisi ulang baterai telpon genggam dan komputer jinjing, serta lebih banyak ruang untuk bagasi dan sepeda.

20140427---Coradia-Meridian-Jazz-3
Interior KRL Coradia Meridian, Jazz | Foto : Alstom

Kapasitas angkut sepeda pada rangkaian baru Coradia Meridian untuk wilayah Trentino ini ditingkatkan dari sebelumnya hanya dapat membawa 8 buah sepeda, kini bisa mengangkut 20 buah sepeda. Penambahan kapasitas ruang simpan sepeda ini dilakukan untuk mengakomodir penumpang yang bepergian dengan sepeda tanpa perlu khawatir harus memarkir sepedanya di stasiun atau menggunakan sepeda lipat agar dapat dibawa serta dalam kereta.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.