BAGIKAN

Salah satu perusahaan operator kereta api (KA) di Rusia, JSC Russian Railways (JSC RZD) pada bulan Maret lalu telah menyepakati kontrak pengadaan 187 unit lokomotif diesel untuk tahun ini kepada salah satu perusahaan manufaktur kereta, Transmashholding yang dimiliki oleh Alstom. Pada Selasa (5/4), telah dilaksanakan pengiriman 25 unit lokomotif pertama dari pabrik Transmashholding yang terletak di Bryansk yaitu Bryansk Engineering Plant (BMZ).

25 unit lokomotif diesel yang pertama kali dikirimkan adalah lokomotif dengan tipe 2TE25KM. Desain body lokomotif ini berbasis dari lokomotif tipe 2TE25K yang memiliki dua bagian unit dan dua kabin masinis (Double Cab). JSC RZD telah memesan sejumlah 100 unit lokomotif tipe 2TE25KM kepada Transmashholding. Rencananya, lokomotif ini akan dioperasikan sebagai lokomotif penarik kereta barang milik JSC RZD. Dengan menggunakan mesin Kolomna tipe 18-9DG yang berkekuatan 2.650 kW (3.553 HP) per bagiannya, lokomotif ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 120 km/h.

Lokomotif ini juga dibuat dengan beberapa keuntungan teknis, diantaranya dapat menarik kereta yang lebih berat atau dengan rangkaian yang lebih panjang, sehingga dapat meminimalisir biaya pengoperasian. Selain itu, lokomotif ini didesain dengan kemudahan dalam perbaikan dan perawatan, dan juga dilengkapi oleh proteksi dari tabrakan yang telah di-upgrade, sistem Heating, Ventilation, and Air Conditioning (HVAC), serta dilengkapi dengan isolasi getaran.

Lokomotif Diesel milik JSC RZD seri 2TE25K | Foto: Серёга
Lokomotif Diesel milik JSC RZD seri 2TE25K | Foto: Серёга
Advertisement Inline

Lokomotif terbaru milik Rusia ini menggunakan 90% komponen dan sistem milik Rusia dan merupakan lokomotif pertama milik Rusia yang memenuhi persyaratan regulasi teknik dari persatuan negara-negara sekitar Rusia (The Custom Union) yaitu Armenia, Belarusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

Lokomotif Diesel 2TE25KM | Foto: Transmashholding
Lokomotif Diesel Rusia seri 2TE25KM | Foto: Transmashholding

Setelah dikirim dari BMZ, Lokomotif 2TE25KM ini akan dialokasikan untuk 3 dipo lokomotif yaitu Bryansk-II, Ershovo (Regional Saratov), dan Krasnodar. Selain lokomotif 2TE25KM ini, JSC RZD juga memesan 4 lokomotif 2TE25A yang akan dialokasikan sebagai lokomotif penarik KA penumpang, serta 83 lokomotif diesel tipe TEM18DM untuk lokomotif langsir. Keseluruhan dari pesanan lokomotif ini akan dikirimkan hingga akhir tahun 2016.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.