BAGIKAN

Pemerintah Republik Indonesia (RI) kini tengah gencar mempromosikan sektor pariwisata untuk menggenjot perekonomian nasional. Daerah destinasi pariwisata seperti Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya kawasan Jogjakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) akan dimaksimalkan oleh pemerintah dalam usaha tersebut. Sebuah rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) Prambanan Ekspres atau yang dikenal sebagai Prameks dihias secara spesial dengan tema Joglosemar sebagai salah satu bagian dari program ini.

KRDE Prameks "Joglosemar" | Foto: Brema Dwi Kurniawan
KRDE Prameks “Joglosemar” | Foto : Brema Dwi Kurniawan

Rangkaian KRDE Prameks dengan nomor kereta K3 2 12 06 s/d K3 2 12 10 dengan skema warna dan hiasan bertema Joglosemar ini bergambar beberapa destinasi wisata utama andalan wilayah tersebut, salah satunya adalah Candi Prambanan, di bagian bodi samping KRDE eks kereta rel listrik (KRL) Holec ini. Tampilan wajah depan KRDE ini yang pada awalnya berwarna merah pun turut disulap menjadi warna putih dengan sedikit motif.

Pada peresmian program tersebut, Rabu (27/4) di Yogyakarta turut hadir Menteri BUMN RI, Rini Soemarno bersama jajaran perwakilan Kementerian Pariwisata, direksi dan pimpinan dari beberapa BUMN yang terlibat dalam program yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi antarmoda BUMN serta memperkuat promosi pariwisata di wilayah ini.

Foto bersama usai penandatanganan MoU sinergi BUMN di kawasan Joglosemar | Sumber: kereta Api Kita
Foto bersama usai penandatanganan MoU sinergi BUMN di kawasan Joglosemar | Sumber : Kereta Api Kita
Advertisement Inline

Selain itu, Menteri BUMN juga turut meresmikan stasiun Maguwo sebagai stasiun intermoda, dengan interkoneksi 3 moda transportasi; KA, Pesawat dan Bus bandara yang melayani bandara Adi Sucipto, Yogyakarta.

Menteri BUMN menandatangani prasasti Stasiun Maguwo sebagai Stasiun Intermoda | Sumber; Kereta Api Kita
Menteri BUMN menandatangani prasasti peresmian Stasiun Maguwo sebagai Stasiun Intermoda | Sumber : Kereta Api Kita
Menteri BUMN meresmikan Stasiun Maguwo sebagai Stasiun Intermoda | Sumber: Kereta Api Kita
Menteri BUMN meresmikan Stasiun Maguwo sebagai Stasiun Intermoda | Sumber : Kereta Api Kita

Dengan demikian, tak hanya PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ikut andil dalam program ini, PT Angkasa Pura I (AP1) sebagai badan usaha milik negara (BUMN) pengelola Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) juga ambil bagian dari promosi pariwisata bertajuk sinergi intermoda BUMN ini.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.