BAGIKAN

Dari beragam genre anime yang tayang setiap musim, seri anime fantasi adalah salah satu genre yang tak pernah luput hadir mewarnai setiap musim penayangan seri anime. Mengawali tahun 2016 ini, studio animasi Deen memperkenalkan dua seri anime. Selain seri anime Shouwa Genroku Rakugo Shinju yang memiliki kesan dewasa, studio animasi ini juga turut mempersembahkan sebuah seri fantasi berjudul Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku O! (disingkat KonoSuba).

Judul lain KonoSuba
Karya Asli Novel Ringan buatan Natsume Akatsuki
Pengisi Suara Jun Fukushima sebagai Kazuma Satō
Sora Amamiya sebagai Aqua
Rie Takahashi sebagai Megumin
Ai Kayano sebagai Darkness
Sayuri Hara sebagai Luna
Yui Horie  sebagai Wiz
Kana Hanzawa sebagai Yunyun
Takuya Eguchi sebagai Kyōya Mitsurugi
Tetsu Inada  sebagai Ruffian
Ayaka Suwa sebagai Chris
Hiroki Yasumoto sebagai Dullahan
Sutradara Takaomi Kanasaki (Tokyo Ravens, Kore wa Zombie Desu ka?)
Penulis Skenario Makoto Uezu
Desain Karakter Kouichi Kikuta (Tengen Toppa Gurren Lagann, Kannagi)
Musik Masato Kouda
Lagu Pembuka fantastic dreamer oleh Machico
Lagu Penutup Chiisana Boukensha oleh Aqua (Sora Amamiya), Megumin (Rie Takahashi), Darkness (Ai Kayano)
Studio Studio Deen
Situs resmi http://konosuba.com/
Twitter https://twitter.com/konosubaanime
Mulai tayang pada 12 Januari 2016  Pukul 23.05 WIB

Sinopsis

Seri anime ini mengisahkan seorang otaku sekaligus hikkikomori bernama Kazuma Satou. Sehari-hari Kazuma menghabiskan harinya hanya berada di dalam kamarnya sambil bermain game. Suatu hari ia harus berhadapan dengan dunia luar, hanya demi membeli sebuah game yang baru di rilis. Sepulang dari perjalanan membeli game tersebut, ia bertemu dengan seorang gadis yang tengah menyebrang jalan. Namun tiba-tiba, ia melihat siluet kendaraan besar yang akan menabrak gadis tersebut. Meski penuh keraguan, ia akhirnya memberanikan diri untuk mendorong gadis tersebut. Sang gadis bisa selamat, tetapi Kazuma justru malah meninggal akibat perbuatannya.

Tak lama ia pun tersadar, dan begitu membuka mata, ia tengah berada di dunia lain. Di sana ia bertemu dengan dewi bernama Aqua. Dewi Aqua memberi tahu Kazuma bahwa kini ia tengah berada di alam baka dan baru saja meninggal. Kazuma lalu bertanya mengenai keadaan gadis yang ia selamatkan, Aqua menjawab bahwa ia baik-baik saja, bahkan jika Kazuma tidak menolongnya pun ia akan baik-baik saja. Karena sebenarnya siluet kendaraan yang di lihat Kazuma hanyalah traktor pertanian yang berjalan dengan kecepatan rendah dan tidak akan menabrak sang gadis. Kematian Kazuma pun di sebabkan bukan karena tertabrak melainkan karena syok. Aqua pun menertawakan bagaimana Kazuma bisa mati dengan cara sekonyol itu, ia pun menambahkan bahwa dokter yang mengani Kazuma setelah kejadian itu juga tertawa tanpa henti.

konosuba

Selepas itu Aqua akhirnya kembali memperkenalkan diri, bahwa ia adalah dewi yang menuntun jiwa manusia yang meninggal muda di alam kematian. Aqua memberikan pilihan kepada Kazuma, untuk kembali mengulang kehidupan dari awal, hidup tua di surga, atau menjalani hidup baru di sebuah dunia fantasi, dunia di mana pahlawan melindungi kota dari serbuan pasukan raja iblis, sebuah dunia yang cocok bagi Kazuma yang hobi bermain game. Untuk membantu petualangannya, Aqua pun menawarkan Kazuma dapat meminta 1 hal apapun yang nantinya ia bawa dalam dunia fantasi tersebut. Tanpa pikir panjang Kazuma pun memilih untuk membawa Aqua, karena ia merasa semua ini terjadi akibat ulah Dewi tersebut. Namun demikian Aqua merasa bahwa dirinya di curangi, tak lama dewi lain datang menggantikan posisi Aqua dan memberitahukan bahwa Aqua bisa kembali dari dunia tersebut jika sudah mengalahkan raja iblis. Dan di mulailah, kehidupan petualangan Kazuma dan Aqua yang mendebarkan di sebuah dunia fantasi yang tengah berada di bawah ancaman dari raja iblis.

Kisah Komedi Berkedok Fantasi

Melihat sekilas seri anime KonoSuba ini memiliki kesan bahwa anime ini adalah anime bertemakan Fantasi, dengan alur cerita “seseorang yang terjebak di dunia fantasi”. Kesan fantasi semakin di perkuat dengan penggunaan tema seperti adanya pasukan raja iblis, setting kota yang seperti di dalam game RPG, tak lupa pula dengan kehadiran petualang yang di lengkapi senjata dan juga sihir. Namun unsur fantasi itu hanyalah kedok bagi kisah komedi.

konosuba 27

Kekonyolan yang ada di anime ini sudah di munculkan sejak awal pertama menyaksikan anime ini. Di episode satu, pada awalnya di tampilkan adegan saat di mana sang karakter utama mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan seorang gadis, hal tersebut seharusnya memiliki kesan emosional kuat, justru di jadikan salah satu punchline komedi di episode ini. Kematian dan “tragedi” yang di alami Kazuma di episode pertama ini di kemas sebagai bumbu komedi, sebuah kematian yang sia-sia karena sesuatu yang tidak terlalu penting, bahkan menurut pengakuan Aqua, tubuh Kazuma yang di bawa ke rumah sakit juga di jadikan bahan tertawaan oleh perawat dan orang tua nya.

Muatan komedi tidak berhenti hanya pada di situ saja. Setelah menyetujui untuk pindah ke dunia fantasi bersama Aqua, Kazuma memiliki pandangan bahwa dunia fantasi bagaikan dunia di game yang biasa ia mainkan, dimana ia bisa menjadi pahlawan, melawan monster, dan menyelamatkan dunia. Namun sesampainya di dunia tersebut, lagi-lagi komedi di munculkan, dimana pada kenyataan nya, Kazuma harus menjalani kehidupan yang tak kalah menyebalkan di banding di dunia nyata. Alih-alih melawan monster, Kazuma harus menjalani kehidupan serba pas-pas an bersama dewi Aqua dan teman-teman yang ia temui, yang justru membuat hidup nya semakin menderita. Penggambaran dunia fantasi yang tidak seindah apa yang ada di game.

Seri anime KonoSuba ini membawakan komedi yang tidak semata-mata dari adegan slapstick maupun permainan kata-kata saja. Karakter yang ada di anime ini turut serta membangun komedi di seri ini. Oleh karena itu, ada baiknya mari berkenalan dengan karakter-karakter di anime KonoSuba ini.

Kazuma Satou – Job: Otaku/Adventurer

konosuba 18

Kazuma Satou adalah seorang otaku di dunia nyata, namun akibat kecelakaan ia pun tewas dan kini memilih untuk tinggal di dunia fantasi. Sesampainya di dunia tersebut, Kazuma pun pergi ke guild untuk mendaftar menjadi seorang Adventurer. Ia memiliki status yang biasa-biasa saja, namun memiliki keberuntungan yang cukup tinggi. Sebagai Adventurer Kazuma bisa mempelajari berbagai skill, dan salah satu skill yang menjadi andalan nya adalah Steal. Namun berkat keberuntungannya yang tinggi, entah kenapa setiap kali ia mengeluarkan Steal, ia selalu mencuri celana dalam wanita.

Secara sifat, Kazuma adalah karakter yang tidak terlalu mencolok. Sebagai seorang otaku yang hobi bermain game, apa yang ia bayangkan saat masuk ke dunia fantasi adalah menjalani hidup bagaikan di game RPG. Namun kenyataan berkata lain ketika ia harus masuk ke dunia fantasi dengan dewi yang membuat dirinya selalu menghela nafas dalam-dalam, serta teman-temannya. Oleh karena itu, berada di sebuah party dengan anggota yang unik, Kazuma adalah sosok pemimpin yang mau tidak mau harus mengarahkan teman-temannya agar bisa menjalani sesuatu tidak berantakan. Semangat Kazuma untuk bisa memimpin party nya agar sukses juga di dorong dengan keinginannya untuk menjalani hidup yang lebih baik di dunia fantasi tersebut.

Aqua – Job: Dewi/Arch Priest

konosuba 14

Aqua adalah seorang Dewi yang bertugas untuk membimbing jiwa manusia yang mati di usia muda, untuk memilih apakah ingin tinggal di surga, mengulang hidup dari awal, atau tinggal di dunia fantasi. Pertemuannya dengan Kazuma merubah segalanya, karena setelah memilih untuk pergi ke dunia fantasi, Kazuma turut serta membawa Aqua ikut ke dunia tersebut karena ia yang bertanggung jawab untuk membawa Kazuma ke dalam keadaan tersebut.

Sebagai seorang Dewi, di awal Aqua tampil dengan sosok yang anggun, serta memiliki karisma saat duduk di singgasana. Namun sebenarnya sisi karisma dari Dewi Aqua inilah yang patut di pertanyakan. Meskipun ia tampil cukup anggun saat pertama kali bertemu Kazuma, namun ia mengatakan beberapa hal yang cukup membuat Kazuma merasa sebal dengannya, seperti saat ia menjelaskan alasan kematian Kazuma, dan saat menjelaskan mengenai aturan di dunia fantasi yang ia pun menyampaikan hal tersebut dengan cara yang tak kalah menyebalkan, menyebut berbagai resiko dengan nada seolah-olah itu adalah hal yang sepele.

konosuba 26

Sesampainya di dunia fantasi kembali peran Aqua sebagai seorang dewi di pertanyakan. Saat Kazuma bertanya mengenai kondisi di dunia fantasi tersebut, Aqua hanya menjawab dengan dalih “Lah aku kan dewi, mana tahu hal macam ini”. Meskipun mengaku sebagai Dewi namun Aqua bagaikan sosok perempuan yang cukup menyedihkan di dunia fantasi ini. Bahkan di saat ingin mendaftar di guild petualang, ia tidak memiliki uang dan justru di kasihani, dan tidak di percaya sebagai seorang Dewi oleh pemuja Dewi dari sekte lain. Di dunia fantasi ini Aqua adalah seorang Arch Priest sekaligus dewi dari sekte Axis (yang menurut desas-desus sekte ini berisi orang-orang aneh). Sebagai seorang Arch Priest, harusnya ia memiliki berbagai skill yang mampu menyembuhkan luka atau membantu teman-teman nya dalam pertarungan, namun dalam pertarungan ia justru membawa banyak masalah. Tak lupa pula, meski status lainnya cukup tinggi namun Intelligence yang dimiliki Aqua sangatlah rendah. Sifatnya yang ceroboh, serampangan, nyablak, serta narsis yang cukup tinggi inilah yang membawa berbagai hal jenaka di seri ini.

Megumin – Job: Arch Wizard

konosuba 25

Megumin merupakan anggota ke-tiga dari party Kazuma & Aqua. Ia adalah seorang Arch Wizard yang tertarik bergabung dengan Kazuma serta Aqua. Meskipun seorang Arch Wizard namun ia tampil bagaikan seorang gadis remaja bertubuh tidak terlalu tinggi dan terlihat kekanak-kanakan. Namanya yang nyeleneh dengan gestur serta tutup mata yang ia kenakan membuat Megumin terlihat seperti seorang gadis Chuunibyou (yang memang mungkin mengingatkan akan sosok Rikka Takanashi).

Meski memiliki penampilan demikian, kebolehannya sebagai Arch Wizard tak dapat di anggap remeh. Kekuatan Explosion Magic yang ia miliki cukup dahsyat dan sangat kontras dengan penampilannya yang terlihat kekanak-kanakan. Explosion Magic milik Megumin cukup kuat, dengan daya hancur dan daya jangkau yang tidak terduga. Namun satu hal yang patut di perhatikan adalah, ia hanya bisa menggunakan Explosion Magic miliknya sekali dalam sehari, setelah itu ia akan jatuh pingsan dan tak bisa bergerak karena tenaga yang ia keluarkan untuk sihir tersebut cukuplah dahsyat. Di balik kekuatan nya yang hebat, keterbatasan penggunaan sihir dan sifatnya yang terlihat bagaikan seorang chuunibyou ini lah yang lagi-lagi membuat Kazuma geleng-geleng kepala.

Darkness – Job: Crusaders

konosuba 20

Inilah anggota ke-empat dari party Kazuma & Aqua, setelah memiliki seorang yang menggunakan senjata jarak dekat, support, serta magic, kini giliran seseorang dengan kemampuan sebagai Tanker pun muncul. Darkness adalah anggota ke-empat party Kazuma yang merupakan seorang Crusader. Meskipun memiliki job Crusader dan memiliki nama yang menyeramkan, ia adalah seorang gadis berpenampilan menawan dengan rambut pirang dan kecantikannya yang membuat Kazuma terlena.

Dibalik penampilan tersebut, Darkness adalah seorang Crusaders yang ternyata cukup bermasalah juga, semua serangannya bisa di pastikan meleset dari sasaran. Selain itu, ia merupakan seorang yang cukup Masochist. Dalam berbagai game, job Crusaders memiliki skill dan status yang biasanya di khususkan untuk pertahanan tingkat tinggi, dan hal ini yang memang menjadi kesukaan Darkness, dimana ia cukup suka sekali untuk menerima segala serangan dan rasa sakit yang ia terima dengan dalih “pertahanan”. Selain suka menerima rasa sakit, ia juga sangat terangsang ketika mendapatkan verbal bullying.

konosuba 13

Karakter yang unik ini merupakan kekuatan dari anime KonoSuba ini. Komedi yang di bawakan tak bisa lepas dari peran karakter-karakter tak biasa yang menemani Kazuma dalam perjalanan nya ini. Bisa di bayangkan apa hal yang terjadi ketika party ini harus menjalankan sebuah quest.

Perkembangan karakter di anime ini juga patut di perhatikan, mengingat karakter-karakter di anime ini cukup “unik”. Terlebih lagi, sekilas di lihat bahwa party Kazuma terdiri dari satu pria (sang tokoh utama) dan tiga wanita. Proporsi gender dalam party ini mungkin akan terlihat bahwa Kazuma bisa membentuk harem atau berhubungan dengan seluruh wanita dalam party nya. Namun karena wanita-wanita dalam party nya semua memiliki hal aneh, anime ini justru tidak menampilkan kesan harem.

Ulasan anime Konosuba berlanjut ke halaman berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.