Jumat (29/4), perusahaan operator kereta api nasional Jerman, Deutsche Bundesbahn (DB) telah menandatangani kontrak pengadaan koneksi internet nirkabel Wireles-Fidelity (Wi-Fi) pada armada kereta Inter City-Express (ICE) miliknya dengan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang provider internet dan platform aplikasi untuk transportasi publik, Icomera. Kontrak ini meliputi pengadaan Wi-Fi pada sejumlah 260 kereta ICE yang telah beroperasi dan juga pada 100 kereta ICE terbaru yang akan dikirimkan pada beberapa tahun kedepan.

DB Fernverkehr sebagai divisi yang mengoperasikan kereta jarak jauh di Jerman seperti Inter City dan ICE sebelumnya telah menyeleksi ketat perusahaan penyedia layanan internet dengan Wi-Fi, dan akhirnya memilih Icomera untuk menyediakan layanan ini.

“Tujuan kami adalah untuk menyediakan layanan yang terbaik dan juga untuk meningkatkan pengalaman para penumpang. Kami mengukur diri kami dengan standar tinggi yang ditentukan oleh penumpang kami, dan layanan internet dengan Wi-Fi yang cepat serta terpercaya kini menjadi kunci dari tuntutan ini. Setelah mempertimbangkan dengan seksama untuk ketersediaan serta teknologi jangka panjang, kami yakin bahwa Icomera adalah partner terbaik untuk membantu kami,” tutur salah satu anggota dewan DB Fernverkehr, Michael Peterson.

Icomera merupakan perusahaan teknologi asal Swedia yang beroperasi secara global dan termasuk salah satu perusahaan yang paling cepat berkembang di Eropa. Perusahaan yang bermarkas di Gothenburg ini telah menyediakan layanan internet pada sejumlah layanan kereta di Eropa, dan telah menghubungkan jutaan penumpang dengan internet tiap minggunya.

Advertisement Inline

“Kami sangat senang karena DB telah memilih Icomera untuk menyediakan layanan internet dengan Wi-Fi untuk penumpangnya. Solusi dari kami akan meningkatkan kualitas pengalaman penumpang yang mana DB telah dikenal untuk hal ini, sekaligus juga membangun rangka dan pondasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah interkoneksi yang sempurna pada layanan di dalam kereta dan juga sistem-sistem di masa depan. Hal ini akan memastikan bahwa penumpang akan lebih terinformasi saat di perjalanan.” Ujar CEO Icomera, Johan Holm pada kesempatan yang sama.

Teknologi yang dipatenkan oleh Icomera untuk jaringan internet di kereta | Sumber: hotwireless.co.za
Teknologi yang dipatenkan oleh Icomera untuk jaringan internet di kereta | Sumber: hotwireless.co.za

Pengerjaan instalasi Wi-Fi pada salah satu rangkaian kereta untuk percobaan akan dimulai di musim panas tahun ini. Tidak hanya itu, instalasi untuk armada ICE yang sudah ada direncanakan akan diselesaikan pengerjaannya pada tahun ini. Armada kereta ICE ini nantinya akan dipasangi penguat sinyal Wi-Fi X-Series yang merupakan salah satu perangkat terbaru milik Icomera.

ICE merupakan sistem kereta cepat (High-Speed Train) milik Jerman yang telah beroperasi sejak tahun 1991. Hingga kini, ICE telah memiliki 3 generasi kereta cepat. Kereta cepat Generasi ke-4 dari ICE rencananya pada tahun ini akan dibuat 2 rangkaian kereta pada tahap awal yang diperuntukkan untuk keperluan pengujian serta pengenalan kepada publik.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.