DB Cargo Britania Raya Luncurkan KA Angkutan Mobil Toyota

0
DB Cargo buka layanan KA angkutan mobil antara Inggris dan Perancis (Railway Gazette)

Perusahaan operator kereta api (KA) kenamaan di Eropa, Deutsche Bahn Cargo (DB Cargo) Britania Raya meluncurkan KA angkutan mobil untuk pengiriman mobil Toyota dari pabrik Toyota di Derby, Inggris menuju Valenciennes di Perancis yang melewati terowongan Channel. Bekerja sama dengan STVA UK, perusahaan logistik spesialis kendaraan terkemuka di Eropa, KA ini mulai dioperasikan sejak akhir Februari 2022 lalu.

KA angkutan mobil ini difungsikan untuk memudahkan distribusi mobil hasil produksi Toyota di kedua negara besar Eropa tersebut sehingga lebih cepat dan efisien dari berbagai sisi. Dalam perjalanannya, kereta ini akan mengangkut produk mobil Toyota Corolla Hybrid dari Inggris menuju Perancis, dan mengangkut produk mobil Toyota Aygo, Yaris, dan Yaris+ dari Perancis ke Inggris.

“Proyek ini adalah titik puncak dari kerja keras kami selama 4 tahun sejak awal perancangan konsep hingga diimplementasikan.” terang Steve Reynolds, Direktur STVA UK yang merupakan anak usaha spesialis logistik kendaraan Groupe CAT dan SNCF Logistics.

“Kami menandatangani perjanjian sewa angkutan jangka panjang dengan DB Cargo Britania Raya untuk penggunaan fasilitas transit kereta barang ini di terminal rel Toton dan telah berinvestasi lebih dari 3 Juta Poundsterling untuk meremajakan gerbong-gerbong kami.” Tambahnya. Sebagai bagian dari proyek ini juga, kontraktor asal Britania Raya Britcon (UK) Ltd. telah membangun fasilitas transit kereta barang (terminal rel) Toton  dengan biaya 2,6 Juta Poundsterling.

KA angkutan mobil menjadi solusi yang baik dan signifikan karena dalam satu rangkaiannya, KA ini dapat mengangkut hingga 260 unit mobil dalam sekali jalan, yang setara dengan kapasitas angkut 29 truk angkutan mobil, dan berjalan terjadwal dengan frekuensi dua kali seminggu.

Perjalanan angkutan mobil dari Inggris ke Perancis dan sebaliknya memakan waktu 5 hari dengan truk dan dapat dipangkas menjadi 24 jam saja dengan dioperasikannya kereta ini sehingga lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Pengoperasian kereta ini juga turut serta membantu mengurangi emisi karbon sebesar 2.300 ton per tahunnya.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.