BAGIKAN
Kereta Api barang pertama dari Yiwu, Tiongkok tiba di London, Inggris | Sumber: railwaygazette.com (by: Yvonne Mulder)
Kereta Api barang pertama dari Yiwu, Tiongkok tiba di London, Inggris | Sumber: railwaygazette.com (by: Yvonne Mulder)

Kereta api (KA) angkutan barang pertama yang menghubungkan antara Tiongkok dengan Inggris akhirnya tiba di Barking, London Timur. KA angkutan barang tekstil dan barang lainnya dari Tiongkok yang berangkat dari kota Yiwu pada 1 Januari 2017 tiba di Terminal Barang London Eurohub pada 18 Januari 2017 pukul 13.00 waktu setempat.

Layanan KA angkutan barang ini merupakan bagian dari upaya Tiongkok untuk menghidupkan kembali ‘Jalur Sutera’. ‘Jalan Sutera’ ini merupakan jalan darat terpanjang yang membentang di dua benua yang menghubungkan antara Tiongkok dengan Eropa di masa lalu.

Perjalanan KA angkutan barang ini ditempuh sepanjang 12.000 km serta melewati berbagai negara seperti Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman, Belgia dan Prancis. Kontainer yang dibawa KA ini juga harus berpindah-pindah rangkaian karena adanya perbedaan lebar rel di Tiongkok dengan negara lain seperti Rusia. Lebar rel di Tiongkok adalah 1.435 mm (standard gauge) sedangkan lebar rel di Rusia adalah 1.520 mm.

Advertisement Inline

KA angkutan barang yang membawa 44 gerbong kontainer berukuran 40 kaki ini meninggalkan kota Yiwu, Tiongkok menuju London. Sebanyak 10 gerbong memiliki tujuan akhir di Duisburg, Jerman. Untuk 34 gerbong yang lainnya dipindahkan ke rangkaian spesial milik Deutsche Bahn (DB) Cargo agar mampu melewati terowongan Channel yang menghubungkan daratan Eropa dengan Inggris.

Lama waktu perjalanan KA barang ini yaitu 18 hari. Meski kontainer yang dibawa harus beberapa kali dipindahkan ke gerbong yang berbeda, namun lama perjalanan KA barang ini hanya setengah dari perjalanan menggunakan kapal laut dan biayanya lebih murah daripada menggunakan pesawat kargo.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.