BAGIKAN

Salah satu perusahaan operator kereta api (KA) di Swedia, Hector Rail memulai pengoperasian KA angkutan barang dengan rangkaian panjang yang melayani relasi Hallsberg – Malmö P.P. dan Katrineholm – Malmö P.P. sejak Kamis (28/4). KA barang ini memiliki panjang rangkaian keseluruhan berikut lokomotifnya hingga 730 m.

Pengoperasian KA barang rangkaian panjang ini memecahkan rekor panjang rangkaian KA barang sebelumnya di Swedia yang maksimal hanya memiliki panjang 630 m saja. Hector Rail mulai menjalankan KA barang rangkaian panjang ini setelah merampungkan konstruksi pembangunan jalur melintas langsung atau passing track di beberapa titik dan juga rel ganda di beberapa petak sepanjang koridor yang dilayani KA barang terpanjang di Swedia ini.

“Swedia mengakomodasi truk-truk terbesar Eropa di jalanannya, tapi sampai sekarang (sebelum KA barang panjang ini dijalankan), hanya punya KA barang terpendek.” tutur Direktur Utama Hector Rail, Mats Nyblom. “Sekarang saatnya mengembalikan keunggulan saing jalan rel.” tambahnya.

hectorrail242532-01
KA angkutan barang milik Hector Rail | Foto : www.finmoller.dk
Advertisement Inline

KA barang rangkaian panjang ini mengakomodasi dua jenis muatan yang sama-sama memiliki tujuan akhir di Malmö. Untuk KA dari Hallsberg bermuatan gulungan kertas ekspor kepada konsumen di wilayah Eropa, sementara KA dari Katrineholm bermuatan gandengan (trailer) untuk truk.

Keunggulan dari penambahan formasi atau panjang rangkaian ini tentunya dapat mengangkut lebih banyak muatan, sehingga memperkecil biaya pengangkutan yang dibebankan. Keuntungan lainnya adalah prasarana yang disiapkan juga mampu mengakomodasi KA-KA lain yang juga memiliki rangkaian panjang. Dengan demikian, kapasitas formasi rangkaian KA lain juga dapat ditambah dan dilayani di jalur tersebut.

Hector Rail sendiri adalah perusahaan operator KA yang berbasis di Swedia, namun juga memiliki jaringan operasi di beberapa negara Eropa, diantaranya Jerman, Denmark dan Norwegia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2004 ini memiliki daya jelajah 6 juta km per tahun di seluruh jaringan operasinya. Hingga kini, Hector Rail mengoperasikan KA angkutan penumpang dan barang dengan 11 seri lokomotif; 7 seri diantaranya lokomotif bertenaga listrik dan 4 seri lainnya bertenaga diesel.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.