BAGIKAN
Uji coba KA barang petikemas JICT | Foto: Kereta Api Kita

Kamis (7/4), PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaksanakan uji coba pemberangkatan kereta api (KA) barang angkutan petikemas dari Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan tujuan akhir Cikarang Dry Port. KA angkutan petikemas ini menggunakan stamformasi 30 gerbong datar (GD) atau yang setara dengan 60 TEU. Pelaksanaan uji coba ini dihadiri dan disaksikan oleh sejumlah pejabat dan instansi penting seperti perwakilan dari Kemenko Kemaritiman, PT Kereta Api Logistik (KALOG), PT Kereta Api Property Management (KAPM), serta perwakilan dari kantor pelayanan utama Bea Cukai (KPU BC) Tanjung Priok.

Pada uji coba pemberangkatan kali ini, KA Barang tersebut mengangkut 34 TEUs petikemas impor dari pelabuhan Tanjung Priok yang terdiri dari 16 boks petikemas dengan ukuran 20 kaki dan 9 boks petikemas dengan ukuran 40 kaki. Semua pihak yang hadir pada kegiatan uji coba ini diberi kesempatan untuk meninjau kegiatan dari mulai proses pemuatan petikemas ke atas GD hingga pemberangkatan rangkaian di stasiun JICT.

Rangkaian GD sebelum diisi oleh muatan barang petikemas | Foto: Kereta Api Kita
Rangkaian GD sebelum diisi oleh muatan barang petikemas | Foto: Kereta Api Kita
Rangkaian GD yang telah terisi oleh barang petikemas | Foto: Kereta Api Kita
Rangkaian GD yang telah terisi oleh barang petikemas | Foto: Kereta Api Kita

Kegiatan uji coba ini masih akan dilaksanakan secara berkelanjutan hingga 12 April 2016. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kelancaran operasional dan lain-lain sebelum pengoperasian perjalanan KA Barang dari stasiun JICT ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam waktu dekat.

Cemplus Newsline by KAORI