PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan sarana baru untuk kereta api (KA) angkutan barang di pulau Jawa berupa gerbong datar (GD) tipe 54 pada hari Selasa (15/3). GD tipe 54 ini merupakan GD dengan kapasitas angkut sebesar 54 ton. Pada pengoperasian perdana GD 54 ton di pualu Jawa ini, unit-unit GD tersebut dirangkaikan dengan KA angkutan barang petikemas, KA 2517 dengan relasi Kalimas – Tanjung Priuk. Sebelumnya, GD yang biasa digunakan oleh KA Barang adalah GD tipe GD42 berkapasitas angkut sebesar 42 ton.

Sarana baru untuk KA Barang, GD 54 ton | Foto: Kereta Api Kita
GD tipe 54 ton | Foto: Kereta Api Kita

Pengoperasian GD berkapasitas angkut lebih besar ini dilakukan PT KAI untuk meningkatkan pendapatan di sektor angkutan barang, sekaligus mengakomodir layanan pelanggan terutama dalam pengiriman logistik dengan bobot tonase yang besar.

Advertisement Inline
Pengecekan kondisi GD | Foto: Kereta Api Kita
Pengecekan kondisi GD | Foto: Kereta Api Kita

GD 54 ini merupakan hasil produksi dalam negeri yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur. Selain GD 54 ton, PT INKA juga memproduksi GD tipe GD 50, GD 42, dan GD 40 ton dengan kapasitas yang sesuai dengan nomor pada tipenya. GD 54 dan GD 50 ton ini merupakan varian produk terbaru yang dikeluarkan oleh PT INKA. Untuk GD 50, sarana ini telah dioperasikan oleh PT KAI di Divisi Regional III Sumatera Selatan untuk keperluan operasional KA Batubara.

Hadirnya sarana baru ini diharapkan dapat menjawab tantangan perkembangan ekonomi serta mobilitas pergerakan dan perpindahan barang yang semakin tinggi, terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur (Jatim) dengan tujuan seluruh bagian pulau Jawa.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.