Transjakarta Persilahkan Operator Memilih Pabrikan Bus Listrik yang Terbaik

0
bis listrik
Bus Listrik merk BYD milik Bakrie Autoparts, yang dioperasikan oleh Transjakarta. | Foto : Bimo Prasetyo

Awal tahun 2021, berbagai pabrikan bis listrik berlomba dalam menyediakan armada mereka masing-masing untuk mendukung program Langit biru yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Antusiasme ini terlihat dari berbagai merk yang melakukan ujicoba dengan PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) dari berbagai merk ternama, antara lain Higer, Zhongtong Bus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Skywell, Serta PT. Industri Kereta Api (Inka) dengan E-Inobus nya.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan para operator Transjakarta yang akan menggunakan bus listrik dapat memilih bis dengan kualitas yang baik disertai dukungan penuh purnajual dari APM. Transjakarta sebagai Pengguna nantinya akan menyerahkan pemilihan Merek kepada Operator karena skema kerjasama dengan Pola BDMI atau BSPA yang baru dijalankan Oleh Transjakarta akan menjamin keterandalan Armada secara Teknis sebagai pemenuhan standar pelayanan.

Sebelumnya, Transjakarta telah berhasil melakukan ujicoba Bis Listrik merek BYD yang bekerjasama dengan PT. Bakrie Autopart sebanyak 2 unit, dan mendapatkan antusias dari para pelanggan. Direktur berharap seluruh bis listrik dapat beroperasi pada pertengahan Tahun 2021 mendatang

“Harapan kami, di tahun 2021 ini secara bertahap pada pertengahan semester kedua, bus listrik sudah mulai dapat digunakan dan dirasakan oleh masyarakat Jakarta, sementara untuk mekanisme kerjasamanya masing masing pabrikan harus terlebih dahulu lolos uji teknis yang dibuktikan Dengan dokumen dokumen teknis dari dishub barulah kami bisa memberikan kesempatan untuk ujicoba secara komersial sebelum nantinya pihak Operator akan melakukan penjajagan untuk melakukan pembelian,” ungkap Jhony.

Cemplus Newsline By KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.