BAGIKAN
Budi Noviantoro
Budi Noviantoro saat menerima SK dari Kementerian BUMN. | Foto: Kementerian BUMN.

Setelah sebelumnya ditunjuk untuk mengisi posisi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama KAI, akhirnya Budi Noviantoro ditunjuk menjadi Direktur Utama INKA menggantikan Agus Purnomo yang sekarang menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Bersamaan dengan penunjukan Budi Noviantoro, Kementerian BUMN juga turut menunjuk jajaran direksi baru. Diantaranya, Bayu Waskito Sudadi diangkat sebagai Direktur Produksi dan Agung Sedaju sebagai Direktur Teknologi dan Komersial.

Baca juga: Buatan PT INKA! Inilah Kereta Inspeksi Trans Sulawesi Milik Kemenhub.

Diharapkan dengan adanya jajaran direksi baru, INKA bisa semakin inovatif dan mampu memasarkan produknya untuk ekspor. Sebelumnya INKA juga pernah memenuhi pesanan ekspor kereta penumpang ke Malaysia dan Bangladesh, serta gerbong barang ke Australia, Thailand, dan Singapura.

Budi Noviantoro sendiri bukan sosok yang asing di dunia perkeretaapian tanah air. Ia mulai berdinas sejak tahun 1989, saat KAI masih bernama Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Noviantoro juga turut menciptakan penambat rel (fastener) bernama KA-Clip. Kini, KA-Clip diproduksi oleh Pindad dan digunakan dalam proyek pembangunan jalur-jalur KA baru di Indonesia.

Cempus Newsline by KAORI Nusantara.