Kereta api merupakan sarana transportasi yang sangat diandalkan karena waktu tempuhnya relatif pasti karena bebas dari kemacetan jalan raya. Tak hanya untuk mengangkut penumpang, kereta api pun dimanfaatkan untuk mengangkut barang. Karena alasan itulah, SRT atau State Railway of Thailand atau perusahaan kereta api Thailand menyediakan jasa angkutan barang.

Salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi angkutan barang ialah menyediakan kereta yang mampu mengangkut kontainer yang berukuran lebih kecil. Jika pada umumnya kontainer yang diangkut berukuran 20 dan 40 kaki, SRT kini menguji coba KA barang kontainer mini dengan ukuran 12 kaki. Kontainer ukuran mini ini dipilih karena dalam penanganannya lebih mudah ketimbang kontainer berukuran 20 kaki.

Uji coba ini sendiri merupakan hasil kerjasama Thailand dan Jepang. Sebelumnya sendiri konsep kontainer mini ini juga sudah diterapkan oleh perusahaan kereta barang Jepang, JR Freight. Ujicoba ini akan dilakukan pada dua perjalanan, yaitu dari Phahonyothin Cargo Yard di Bang Sue, Bangkok menuju Lamphun dengan jarak tempuh 722 kilometer dan menuju kearah timur laut, tepatnya ke Khon Kaen yang berjarak 433 kilometer.

Jika ujicoba ini sukses, maka kereta api barang ini akan dijalankan secara reguler dan akan menggunakan lokomotif dan gerbong barang tersendiri dari Jepang.

Nah apakah PT Kereta Api Logistik sebagai anak usaha PT KAI yang bergerak dalam angkutan barang juga tertarik mengoperasikan KA barang kontainer mini seperti ini? Mengingat potensinya cukup tinggi dan kontainer mini 12 kaki penangannya lebih mudah.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.