BAGIKAN

Melihat kesuksesan perjalanan kereta api (KA) angkutan barang ke Spanyol yang mulai dioperasikan pada dua tahun lalu, kini Tiongkok kembali meluncurkan perjalanan kereta barang ke salah satu negara di Eropa pada Kamis (7/4), dengan tujuan akhir Kota Lyon di Perancis. KA barang ini diberangkatkan dari Kota Wuhan yang merupakan Ibukota dari Provinsi Hubei untuk yang pertama kalinya. Kereta barang dengan tujuan Lyon ini mengangkut sejumlah produk mekanik, elektrik dan bahan kimia dari Negeri Tirai Bambu.

Perjalanan kereta barang ini melewati 5 negara di 2 Benua, Asia dan Eropa yaitu Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, dan Jerman sebelum tiba di Perancis. Perjalanan sepanjang lebih dari 11.000 km ini diperkirakan memakan waktu 16 hari, lebih cepat daripada menggunakan jalur laut yang memakan waktu 50 hingga 60 hari.

Selain ekspor produk, Tiongkok juga berharap dapat mengimpor produk dari Perancis seperti mobil, wine dan produk agrikultur Perancis lainnya melalui layanan kereta barang ini.

Advertisement Inline

Dengan adanya layanan kereta barang ini, kota Wuhan bergabung dengan kota-kota lainnya di Tiongkok seperti Chongqing, Zhengzhou, Changsha dan Shenyang yang memiliki layanan kereta barang menuju Eropa. Tiongkok berharap dengan meluncurkan perjalanan kereta barang ini dapat mempromosikan dan meningkatkan hubungan kerjasama dan ekonomi dengan negara-negara Eurasia.

Berikut ini video keberangkatan perdana kereta barang tersebut:

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.