Tiongkok Luncurkan Jalur KA Bawah Tanah Tanpa Masinis Pertama Tahun 2017

0
KA Bawah Tanah tanpa masinis (ilustrasi) | Sumber: shanghaidaily.com

Tiongkok kini akan memiliki jalur kereta api (KA) bawah tanah tanpa masinis pertama mereka. Diperkirakan jalur tersebut akan beroperasi diakhir tahun 2017.

Pengoperasian di jalur Yanfang akan sepenuhnya otomatis, termasuk terkait soal kedatangan kereta, buka dan tutup pintu serta kebersihan. KA tersebut akan menggunakan teknologi lokal dalam negeri. Tiongkok mulai mengembangkan sistem otomatis KA bawah tanah pada tahun 2010 dan mulai menguasai teknologi utamanya.

KA bawah tanah Beijing jalur 3, 12, 17, 19 dan jalur KA bandara mulai dilakukan perencanaan dan segera beroperasi sepenuhnya secara otomatis tanpa masinis. Diharapkan total panjang jalur KA bawah tanah yang akan dibuat otomatis di Beijing akan mencapai 300 km pada tahun 2020.

Pengembangan dan penggunakan sistem operasi dalam negeri merupakan bagian dari program “Made in China 2025” yang bertujuan untuk meningkatkan perindustrian di Tiongkok. Langkah ini juga akan membantu memperkuat kehadiran Tiongkok di industri transportasi kereta api global dan menjamin keamanan fasilitas infrastruktur utama negara itu.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.