Thailand Luncurkan Kereta Api Antar Kota

0
Sumber: railjournal.com

Perkeretaapian Negeri Thailand (SRT) baru saja meluncurkan kereta api penumpang baru pertamanya setelah 20 tahun silam lamanya pada 28 Agustus 2016. Rangkaian kereta api ini disuplai oleh CRRC Corporation, Tiongkok dan telah melakukan perjalanan perdananya dari Bangkok Hua Lamphong ke Nakhon Pathom.

SRT dan CNR Changchun Rail Vehicles (bagian dari perusahaan CRRC Corporation) telah menyetujui kontrak sebesar 5 Miliar Bath atau sekitar Rp1,9 Triliun sejak Oktober 2014. Kontrak ini sudah termasuk pengadaan 115 kereta berbahan stainless-steel terdiri dari 9 kereta kelas satu, 88 kereta tidur, 9 kereta makan dan 9 kereta pembangkit.

Kereta-kereta tersebut telah dilengkapi dengan air-conditioning (AC) dan toilet yang memiliki penampungan pembuangan kotoran sendiri. Selain itu untuk kereta tidur juga dilengkapi dengan lantai yang bisa diatur ketinggiannya untuk mengakomodasi penumpang disabilitas.

Pada gelombang pertama sebanyak 39 sarana kereta telah diterima oleh SRT pada Juli 2014 dan telah diujicoba pada akhir bulannya. Kereta-kereta berikutnya direncanakan akan dikirim pada bulan Oktober dan akan menjalankan debutnya di rute Bangkok – Chiang Mai.

Kereta-kereta ini juga akan diperkenalkan di layanan kereta dari Bangkok ke Ubon Ratchathani, Nong Khai dan Butterworth (Malaysia) pada tahun depan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.