BAGIKAN

Jepang merupakan negara yang sangat dikenal dengan perkembangan industri kreatif animasi, komik, serta game dan juga karakter fiksi. Dari banyaknya karakter asal Jepang, Hatsune Miku merupakan salah satu karakter yang memiliki basis penggemar besar baik di Jepang sendiri maupun secara internasional. Karakter yang dikenal dengan rambut twintail berwarna biru ke hijau-an (atau hijau ke biru-an tergantung bagaimana anda melihatnya) ini merupakan karakter dari piranti lunak (software) voice synthesizer Vocaloid.

Sebagai karakter dari sebuah voice synthesizer, Hatsune Miku juga dikenal sebagai seorang “idol virtual”. Dalam program Vocaloid, suara karakter Hatsune Miku disuarakan oleh Saki Fujita. Namun seiring perkembangannya, kini peran karakter Miku sudah lebih dari sekadar “penyanyi virtual” saja. Popularitas tinggi yang dimiliki oleh karakter ini ternyata juga menarik perhatian dari berbagai brand ternama untuk menjadikan Miku sebagai seorang “bintang iklan virtual”.

Sejak pertama kali dirilis pada tanggal 31 Agustus 2007, sudah banyak kampanye kreatif (creative campaign) dan promosi iklan yang dibintangi oleh Hatsune Miku. Apa saja iklan yang pernah dibintangi oleh sang diva virtual ini? Simak apa saja kumpulan iklan yang dibintangi oleh Miku yang telah dirangkum oleh staf KAORI Nusantara berikut ini:

Family Mart

Advertisement Inline

Family Mart merupakan salah satu jaringan toko swalayan di Jepang yang pernah menghadirkan sosok karakter Hatsune Miku sebagai bintang iklan. Pada tahun 2012, swalayan yang akrab disebut sebagai Famima ini mengadakan sebuah kampanye kreatif bernama “Miku Loves Famima”. Kampanye promosi ini dilakukan pada tanggal 14 Agustus hingga 10 September tahun 2012 di seluruh gerai Famima di Jepang.

Pada kampanye promosi “Miku Loves Famima” ini, pihak Family Mart mengadakan sebuah undian berhadiah merchandise khusus Hatsune Miku (mulai dari MP3 Player hingga skuter elektronik) kepada pembeli yang melakukan transaksi minimal 500 Yen. Dalam meramaikan kampanye promosi ini pihak Famima juga merilis iklan yang dibintangi oleh Miku. Simak iklannya berikut ini:

Menariknya, dalam kampanye promosi ini ternyata juga dibuat beberapa video bloopers pada saat produksi iklan tersebut. Biasanya dalam sebuah video bloopers ditampilkan adegan jenaka saat para pemeran salah akting atau mengucap dialog. Begitu juga yang terjadi dengan pembuatan video iklan untuk Famima ini dimana banyak hal jenaka yang terjadi. Bagaimana ekspresi Miku saat melihat berbagai hal jenaka yang mengganggu jalannya produksi iklan tersebut? Simak videonya berikut ini:

Google Chrome

Karir Hatsune Miku sebagai bintang iklan ternyata tidak hanya berhenti pada brand asal Jepang saja. Berkat popularitasnya, Miku bahkan pernah juga membintangi iklan untuk brand teknologi internasional yaitu Google. Sang diva virtual ini pernah menjadi bintang iklan pada iklan Google Chrome di Jepang.

Pada tahun 2011 pihak Google Chrome Japan membuat sebuah kampanye promosi kreatif yang menampilkan fitur dari program peramban ini untuk kreativitas. Ditampilkannya sosok idol virtual pada iklan ini dikarenakan besarnya fenomena Hatsune Miku di jagad internet Jepang, dimana banyak composer, ilustrator, cosplayer, dan kreator lain yang mengunggah dan berbagi hasil kreasinya dengan karakter Miku ini ke internet. Iklan Google Chrome ini menghadirkan juga lagu berjudul “Tell Your World” karya Livetune dengan lirik dan musik dari Kz. Penasaran seberapa inspiratifnya iklan tersebut? Simak videonya berikut ini:

Domino’s Pizza

Brand internasional lainnya yang pernah menggunakan Hatsune Miku dalam sebuah kampanye promosi kreatif adalah Domino’s Pizza. Pada tahun 2013 Domino’s Pizza di Jepang mengadakan sebuah kampanye khusus yang berkolaborasi dengan Miku. Kampanye ini memiliki cakupan media yang beragam, sosok Miku tidak hanya hadir dalam video iklan saja namun juga dalam aplikasi ponsel hingga packaging dari Domino’s Pizza di Jepang.

Untuk mempromosikan kampanye ini pihak Domino’s Pizza Jepang membuat sebuah video iklan. Video ini ternyata tidak hanya dibintangi oleh Miku saja namun juga menampilkan Scott Oelkers, presiden dari Domino’s Pizza di Jepang. Dalam iklan ini Scott Oelkers menjelaskan kampanye kolaborasi dengan Miku.

Saat kampanye ini berlangsung, pihak Domino’s Pizza merilis aplikasi khusus dimana pengguna bisa memesan pizza dengan aplikasi yang memiliki visual serta musik dari Hatsune Miku. Menariknya lagi musik yang ada dalam aplikasi tersebut dibuat oleh para pekerja Domino’s Pizza di Jepang yang bekerjasama dengan salah satu komposer Vocaloid. Selain aplikasi, pada kampanye ini Domino’s Pizza juga menghadirkan packaging khusus bergambar Miku yang jika di-scan menggunakan aplikasi khusus, pengguna bisa melihat mini konser Miku di atas packaging Pizza.

Toyota Corolla

Jika membayangkan mengenai sosok Hatsune Miku sebagai bintang iklan, mungkin yang terlintas adalah munculnya Miku dalam iklan produk-produk elektronik, produk konsumsi harian (seperti makanan dan minuman serta kebutuhan harian), produk musik atau mungkin produk yang berkaitan dengan anime serta manga. Tapi siapa sangka ternyata Miku juga pernah menjadi bintang iklan untuk produk otomotif? Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota juga tak mau ketinggalan mengajak sang idol virtual penyuka daun bawang ini untuk membintangi sebuah iklan mobil.

Pihak Toyota pernah membuat serangkaian iklan untuk mobil Toyota Corolla yang dibintangi oleh Hatsune Miku. Toyota membuat iklan ini dengan konsep iklan serial yang memiliki tema besar “Follow her dream” yang senada dengan tagline dari brand ini yakni “Moving Forward”. Pada awalnya iklan ini menampilkan mobil Toyota Corolla yang mengantar Hatsune Miku menuju tempat konser. Namun setelah itu, iklan ini menampilkan aksi jenaka Miku saat sedang menjalani shooting serta pemotretan untuk iklan Toyota Corolla ini. Dalam iklan ini pihak Toyota menuliskan bahwa Miku adalah seorang “International Pop Star and Internet sensation”. Penasaran bagaimana jadinya jika Miku menjadi bintang iklan mobil? Tonton video berikut ini:

LG G5

Hatsune Miku juga pernah terlibat dalam iklan untuk produk ponsel pintar. Salah satu perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG, pada bulan Februari 2016 merilis lini ponsel pintar LG G5. Dalam mempromosikan ponsel ini ke pasar internasional, pihak LG membuat iklan dengan nuansa komedi yang dibintangi oleh aktor asal Inggris, Jason Statham.

Jason Statham? Ya, berbeda dari iklan-iklan sebelumnya, iklan LG G5 ini hanya dibintangi oleh aktor pemeran Arthur Bishop dalam film Mechanic Ressurection ini saja (ya sepanjang iklan anda akan disuguhkan muka aktor ini saja). Lalu di mana keberadaan Hatsune Miku dalam iklan ini?

Iklan LG G5 yang dibintangi oleh Jason Statham ini ternyata menampilkan lagu berjudul “Ievan Polkka” dengan vokal dari Hatsune Miku gubahan Otomania pada tahun 2007. Penasaran bagaimana jika Jason Statham berakting dengan ditemani suara dari Miku? Coba tonton video berikut ini:

Sony Xperia

Berbicara mengenai iklan dari produk ponsel pintar, produsen elektronik Sony tak lupa pula menggaet sosok Hatsune Miku menjadi bintang iklan. Sony dengan lini ponsel pintarnya Xperia pernah mengadakan kampanye kolaborasi dengan Hatsune Miku. Pada tahun 2013 bahkan Sony bersama dengan pihak Docomo di Jepang pernah merilis ponsel khusus bertemakan Miku.

Untuk mempromosikan ponsel ini, dibuatlah sebuah video iklan. Jika video iklan yang melibatkan Hatsune Miku sebelum-sebelumnya memiliki kesan jenaka serta komedi, Sony serta Docomo menghadirkan hal yang beda. Pihak Sony serta Docomo menghadirkan iklan dengan nuansa emosional yang cukup menyentuh untuk promosi ponsel pada tahun 2013. Penasaran dengan bagaimana menyentuhnya iklan tersebut? Simak videonya berikut ini lengkap dengan lagu berjudul “Overwriter” karya Tilt-Six:

Tidak berhenti di situ saja, pada tahun 2016 Sony Xperia kembali hadir dengan iklan yang kembali dibintangi oleh Hatsune Miku. Sedikit berbeda dari iklan di tahun 2013 yang memiliki pendekatan emosional, iklan di tahun 2016 ini tampil dengan pendekatan visual yang sangat menawan dan memiliki kesan hi-tech. Seperti tahun 2013, pada iklan ini pihak Sony menggandeng produser lagu Tilt-Six untuk membuat remix lagu berjudul Voices. Simak videonya berikut ini:

Lux Straight & Beauty

Pada tahun 2016 Hatsune Miku tidak hanya membintangi iklan ponsel pintar saja. Artis virtual ini juga turut serta dalam iklan produk shampoo dari Lux. Jelang akhir Agustus 2016, pihak Lux mengumumkan sebuah kampanye kolaborasi dengan Hatsune Miku dengan nama Miku Straight.

Tepat pada tanggal 30 Agustus 2016, satu hari sebelum hari ulang tahun Hatsune Miku, pihak Lux meluncurkan sebuah video spesial berdurasi sekitar 1 menit. Dalam video tersebut, menceritakan Hatsune Miku yang ingin ikut tampil dalam iklan Lux seperti aktris Scarlett Johansson. Miku pun memutuskan mengubah penampilan dari rambut twintail yang merupakan ciri khasnya menjadi berambut lurus panjang bagai Scarlett Johansson. Tak lama kemudian Miku pun dihubungi langsung oleh Scarlett Johansson untuk ikut serta menjadi bintang iklan Lux. Video ini juga menampilkan lagu berjudul “Mirai Jokyoku” karya Mitchie M. Simak videonya berikut ini:

Pada kampanye promosi untuk produk shampo Lux Straight & Beauty ini, Hatsune Miku juga tampil dalam sebuah video komentar. Pada video tersebut Miku menyampaikan komentarnya mengenai bagaimana ia akan mengubah penampilan dari twintail menjadi rambut lurus dengan shampo tersebut agar bisa tampil satu iklan bersama Scarlett Johansson. Simak videonya berikut ini:

Dalam kegiatan kampanye Miku Straight ini juga menghadirkan sebuah acara off-air. Pada tanggal 26 Agustus digelar sebuah acara bertajuk The Hatsune Miku Symphony Event. Dalam acara tersebut Hatsune Miku tampil diiringi oleh Tokyo Philharmonic Orchestra. Acara tersebut juga disponsori oleh Lux.

Dari beberapa iklan yang dibintangi Hatsune Miku rangkuman KAORI Nusantara di atas, manakah iklan yang menjadi favorit Kaorin? Apakah ada iklan lain yang dibintangi Miku namun tidak ada dalam daftar tersebut? Tuliskan pendapat kaorin pada kolom komentar di bawah ya!

KAORI Newsline | Dirangkum dari berbagai sumber oleh Rafly Nugroho | Penulis merupakan mahasiswa jurusan periklanan di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.