BAGIKAN
KA Gantung di Tiongkok saat uji coba | Sumber: CCTVNews (Facebook)

Jalur kereta api (KA) gantung pertama di Tiongkok sepanjang 300 meter telah diuji coba. Lokasi jalur ini berada di Provinsi Sichuan di bagian barat daya Tiongkok pada Jum’at (30/9) lalu.

KA gantung ini mendapatkan dayanya dari sebuah baterai lithium sehingga ramah lingkingan. Didesain seperti panda raksasa, KA ini mampu berjalan hingga 60 km/jam. Kapasitas angkut dari KA gantung ini sebanyak 120 penumpang per kereta.

KA gantung seperti ini sebelumnya telah ada sejak lama. Wuppertal, Dortmund dan Chiba merupakan beberapa kota terkenal di dunia yang telah memiliki jalur KA gantung. Namun, KA gantung di Tiongkok merupakan KA gantung pertama yang dayanya diambil dari baterai lithium dan mampu beroperasi 2 hingga 4 jam setelah diisi ulang.

Advertisement Inline

Jalur KA gantung ini merupakan jalur layang seperti monorel namun posisi relnya berada di atas KA.

Zhai Wanming, seorang Chief Designer yang berasal dari Suothwest Jiaotong University mengatakan uji coba selanjutnya akan dilakukan dengan panjang jalur 1,2 km dan akan menguji cobakan fitur-fitur lainnya seperti berbelok, menanjak dan pengisian ulang baterai di stasiun.

“Uji coba akan dilanjutkan hingga mampu mencapai puluhan ribu kilometer sebelum nantinya dapat dioperasikan.”, ucap Zhai Wanming.

Dia menambahkan juga kalau biaya pembangunan KA gantung ini lebih murah dari KA bawah tanah, hanya sekitar seperlima hingga seperdelapan per kilometernya KA bawah tanah.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.