BAGIKAN

Kunjungan kenegaraan yang dilakukan Kanselir Jerman, Angela Merkel ke Tiongkok membuahkan kesepakatan antara kedua negara tersebut dalam bidang perkeretaapian. Perusahaan operator kereta api (KA) nasional Jerman, Deutsche Bundesbahn (DB) ditunjuk untuk melanjutkan proyek kerja sama di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) DB, Rüdiger Grube telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) dengan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC), China Railway Corporation (CRC) dan Pemerintah Kota Dalian, Tiongkok untuk kerja sama di bidang sarana dan juga konsultasi perkeretaapian. Kerja sama ini juga dimaksudkan untuk menegaskan kehadiran DB di kancah internasional, terutama di Tiongkok.

Di dalam kesepakatan dengan CRRC, DB akan meneruskan pekerjaan mereka untuk menetapkan dan mengoptimalisasikan sistem pemeliharaan untuk KA Cepat milik CRRC, serta melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan pada sekitar 1400 kereta milik CRC. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberi dukungan operasional untuk mengatasi masalah terkait dengan roda (kaki-kaki) dengan rel. DB Engineering & Consulting juga telah mengamankan kontrak untuk bantuan konsultasi pengoperasian transportasi di kota Dalian yang memiliki populasi sebesar 6 juta jiwa tersebut.

Thailand Tunda Pembangunan Kereta Cepat
Kereta cepat CRH milik Tiongkok.
Advertisement Inline

“Republik Rakyat China (RRC) merupakan pasar yang penting bagi kami, dan akan tetap seperti itu di masa depan,” ujar Grube. “Mengingat rencana investasi yang mencapai lebih dari €300 miliar, kami mengharapkan adanya keuntungan dari pertumbuhan yang sangat potensial di China,” lanjutnya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.