BAGIKAN

Pemerintah kota (Pemkot) Buenos Aires, Argentina memesan 60 unit kereta rel listrik (KRL) bawah tanah (metro) baru seri Metropolis dari salah satu perusahaan pabrikan KA termasyhur dunia asal Perancis, Alstom. Pemkot Ibukota negara asal pesepak bola Diego Maradona ini memesan KRL metro baru dalam rangka peremajaan armada sistem kereta bawah tanah (subway)-nya, menggantikan KRL buatan Fiat-Materfer yang telah beroperasi sejak tahun 1980.

Sebanyak 60 unit yang terbagi dalam 10 trainset (rangkaian) KRL formasi 6 kereta ini akan diproduksi di pabrik Alstom yang terletak di Lapa, Brasil mulai tahun ini dan direncanakan rampung pada tahun 2017 mendatang. Alstom juga akan memberikan jaminan perawatan selama 2 tahun pada setiap rangkaiannya sejak mulai dioperasikan. Sebelumnya, Alstom juga menjadi pemasok armada KRL untuk subway Buenos Aires dengan menyelesaikan pembuatan 120 unit KRL metro baru dan memulai pengirimannya sejak Agustus 2015 lalu. 120 unit KRL yang lebih dahulu dipesan ini dioperasikan di jalur H yang menghubungkan stasiun Hospitales dengan stasiun Las Heras.

KRL seri Metropolis baru ini menggunakan sumber tenaga kawat listrik aliran atas (LAA) bertegangan 1500V DC dan akan dioperasikan di jalur D yang memiliki jalan rel dengan lebar sepur standar internasional, 1.435 mm (standard gauge) oleh perusahaan hasil privatisasi Subterráneos de Buenos Aires Sociedad del Estado (SBASE), Metrovías. Jalur D ini dibangun pada tahun 1935 dan rampung serta mulai beroperasi pada tahun 1937. Jalur sepanjang 11 km ini memiliki 16 stasiun, menghubungkan stasiun Congreso de Tucumán dengan stasiun Catedral di wilayah Ibukota negara Argentina tersebut.

nuevo_material_rodante
Dua rangkaian KRL metro Alstom Metropolis seri 300 di dipo Parque Patricios, Buenos Aires | Foto : Pemkot Buenos Aires
Advertisement Inline

KRL seri Metropolis sendiri adalah salah satu produk andalan Alstom. Perusahaan yang belum lama diakuisisi oleh General Electric (GE) ini telah membuat KRL seri Metropolis sejak awal dekade 2000-an dan kini produknya telah dioperasikan di lebih dari 22 kota besar di seluruh dunia dengan berbagai spesifikasi berbeda di masing-masing kota.

Operator KA dapat memesan KRL seri Metropolis dengan spesifikasi yang diinginkan (customized). Seri KRL ini bisa dipesan dengan bahan bodi Aluminium atau baja anti karat (stainless-steel), dapat dioperasikan dengan formasi 2 hingga 6 kereta dalam satu rangkaiannya, bahkan dapat disambung hingga 10 kereta jika diperlukan. Tidak hanya itu, KRL ini bisa dipesan menggunakan pantograf jika akan dioperasikan pada jalur dengan sumber tenaga kawat LAA, atau menggunakan shoe gear jika beroperasi di jalur dengan rel ketiga (3rd Rail) listrik aliran bawah, dengan berbagai besaran tegangan. Lebar sepur dapat dipesan sesuai prasarana yang ada dan pemesan juga dapat memilih metode pengendalian kereta, dengan masinis atau tanpa masinis (driverless).

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.