Call For Abstract: Jadilah Panelis di Road to KAORI Expo!

0
Road to KAORI Expo

KAORI Nusantara, pelopor situs berita anime, industri kreatif serta perkertaapian yang terpercaya di Indonesia akan menghadirkan sesuatu yang baru di tahun ini. Selama lebih dari 8 tahun bergerak di bidang situs berita dan komunitas online, KAORI terus menyajikan berbagai inovasi. Pada tahun ini kami mempersembahkan sesuatu yang baru, sebuah festival budaya populer, Road to KAORI Expo. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Agustus 2016 yang bertempat di lantai 6 Plaza Blok M, Jakarta Selatan.

Road to KAORI Expo ini akan menghadirkan beragam rangkaian acara. Mulai dari kompetisi, hingga ekshibisi kreatif akan hadir meramaikan acara ini. Untuk acara ini akan ada sesuatu yang baru yang belum pernah ada di acara festival budaya populer anime manapun di Indonesia. Untuk pertama kalinya, KAORI Nusantara akan mempersembahkan sebuah diskusi panel yang diselenggarakan dalam festival budaya populer anime.

KAORI Nusantara bertujuan untuk menghadirkan sesuatu yang baru di Road to KAORI Expo, yang belum pernah ada pada acara-acara sejenis di Indonesia. Setiap tahunnya banyak sekali acara bertemakan anime diselenggarakan di Indonesia namun acara tersebut masih hanya berfokus pada hiburan dan ekshibisi saja. Masih belum ada di Indonesia festival anime yang menghadirkan sebuah diskusi panel, dimana dibahas berbagai topik menarik seputar anime dan penggemarnya termasuk dari sudut pandang akademis. Berbasis pada situs berita yang memang menghadirkan berita anime sebagai sebuah hard-journalism yang dikemas secara serius, serta berpengalaman dalam Forum Anime Indonesia, kami pun berusaha untuk menghadirkan format acara diskusi panel sebagai sajian utama dalam acara budaya populer anime di Indonesia.

Diskusi Forum Anime Indonesia.
Diskusi Forum Anime Indonesia.

Baca juga: Persembahan Terbaru: Road to KAORI Expo, 6-7 Agustus 2016

Ini bukan pertama kalinya KAORI Nusantara menggelar sebuah acara diskusi. Sebelumnya kami sudah menghadirkan serangkaian acara diskusi semi-ilmiah Forum Anime Indonesia. Sejak tahun 2013, Forum Anime Indonesia telah beberapa kali diselenggarakan dengan berbagai tema diskusi mulai dari komunitas penggemar anime di Indonesia, Distribusi anime di Indonesia, Menguak mitos di balik fandom KanColle, Touhou, Idolm@ster serta Love Live!, dan yang terakhir adalah Dinamika Cosplay di Indonesia. Berpengalaman mengadakan berbagai diskusi tersebut, kami akan mempersembahkan sebuah diskusi panel pada perhelatan Road to KAORI Expo.

call for abstract

Berbeda dengan diskusi Forum Anime Indonesia, KAORI membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi panelis/pemakalah dalam acara ini. Bagi anda yang ingin mengadakan sebuah diskusi seputar anime di Road to KAORI Expo, atau memiliki topik bahasan menarik untuk didiskusikan, KAORI Nusantara membuka pendaftaran secara terbuka. Berikut ini adalah ketentuan untuk pendaftaran calon panelis di diskusi panel Road to KAORI Expo:

Waktu penyelengaraan diskusi panel selama 2 hari, yakni pada tanggal 6-7 Agustus 2016.

Tujuan acara: membahas topik populer mengenai budaya anime secara mendalam dan interaktif.

Prosedur Pendaftaran Panelis

1. Calon panelis mengirimkan abstrak mengenai materi panel yang hendak didiskusikan untuk diseleksi oleh panitia sesuai dengan ketentuan materi yang diperkenankan.
2. Abstrak diketik sepanjang maksimal 150 kata.
3. Sertakan data diri.
4. Keputusan seleksi panelis akan diumumkan langsung oleh pihak KAORI Nusantara pada tanggal 25 Juli 2016.
5. Pengiriman abstrak ditutup pada 24 Juli 2016.

Ketentuan bagi Panelis

1. Panelis yang terpilih menyediakan materi untuk dibahas bersama pengunjung/peserta panel.
2. Materi disiapkan dalam bentuk presentasi Power Point. Penggunaan gambar atau video sebagai penunjang diperkenankan.
3. Materi diskusi membahas topik populer yang menarik bagi peserta umum
4. Diskusi panel ini akan diadakan di tempat umum. Mohon untuk tidak menyertakan materi yang tidak pantas dilihat oleh anak di bawah umur. Panitia akan menyeleksi materi panel dalam proses pendaftaran.
5. Waktu untuk satu sesi diskusi panel adalah 90 menit. Atur waktu sebaik-baiknya.
6. Panitia menyediakan perlengkapan berupa proyektor dan sound system.
7. Pada hari pelaksanaan acara, panelis wajib hadir di lokasi dan memberitahu panitia 60 menit sebelum sesi diskusi panel dimulai untuk persiapan.
8. Panelis dan peserta diskusi dihimbau untuk berkomunikasi dengan baik selama acara. Hindari ucapan atau perbuatan yang dapat menyakiti atau menimbulkan keributan. Panitia berhak mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga ketertiban acara jika terjadi konflik yang tidak diinginkan.
9. Jika panelis sudah terpilih namun membatalkan kehadiran secara sepihak tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut, panelis tersebut tidak akan terpilih kembali dalam acara KAORI Nusantara berikutnya.

Topik Bahasan:

1. Topik dan tema diskusi bebas selama masih berkaitan dengan; budaya anime, manga, game, otaku, fandom, serta cosplay.
2. Dilarang membawakan tema/topik bahasan diskusi yang menyertakan materi yang tidak pantas dilihat di tempat umum.
3. Topik dan tema yang diangkat harus menarik.
4. Sesuaikan topik/tema bahasan untuk pengunjung umum.
5. Beberapa contoh topik/tema bahasan yang bisa diangkat (contoh dibawah ini hanyalah rujukan semata):
-Bahasan mengenai konten, tema, genre, atau tren dalam anime/manga (misal: Tema Isekai dalam Novel Ringan di Jepang, Anime Robot dari Masa ke Masa)
-Bahasan mengenai cosplay di Indonesia (misal: Pro-kontra Cosplay Hijab, Mengubah Barang Bekas Menjadi Properti Cosplay, Perkembangan Komunitas Cosplay di Indonesia)
-Fandom dan komunitas budaya populer anime/manga/game di Indonesia (misal: Dinamika Fans Idolm@ster dan Love Live!, Tumbuhnya Komunitas Penggemar Overwatch, Otaku Militer dan Sejarah dalam Fandom Kantai Collection )
-Perilaku penggemar anime/manga di Indonesia (misal: Perilaku Otaku di Indonesia, Menonton Anime di Indonesia: Melalui Jalur legal atau Ilegal?)

Pengiriman abstrak untuk diskusi panel Road to KAORI Expo bisa dilakukan dengan mengisi formulir berikut ini. Pengiriman abstrak ini terbuk dan bisa diikuti oleh siapapun. Pendaftaran calon panelis untuk diskusi panel Road to KAORI Expo akan ditutup pada tanggal 24 Juli 2016 pukul 2359 WIB. Seluruh pendaftaran calon panelis Road to KAORI Expo ini adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Sering berdiskusi mengenai anime dan otaku tapi hanya melalui media sosial? Bagaimana jika mengadakan diskusi di Road to KAORI Expo? Bagi anda yang punya topik bahasan menarik, mari kirimkan abstrak anda sekarang juga!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Road to KAORI Expo bisa menghubungi:

Zhuge Kamiya: zhugekamiya@gmail.com
Rafly Nugroho: frozenravly@kaorinusantara.or.id
Kevin Wilyan: newsline@kaorinusantara.or.id

Semua informasi resmi hanya akan diberikan oleh pihak KAORI Nusantara. Seluruh pendaftaran ini tidak dipungut biaya, berhati-hatilah terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.