BAGIKAN

Kosasih Award yang dikenal juga sebagai CITRA PAWITRA, merupakan salah satu ajang apresiasi untuk insan komik Indonesia yang diselenggarakan pada ajang Popcon Asia 2016, 12-14 Agustus 2016 lalu. Seluruh Rangkaian Kosasih Award 2016 telah usai dilaksanakan, dari ratusan karya komik yang telah terbit dalam rentang waktu April 2015 hingga Maret 2016, terpilihlah 8 pemenang dari 8 kategori yang dipertarungkan. Penjurian dimulai dari pemilihan long list oleh tim seleksi, kemudian pemilihan short list oleh tim kurator, terakhir seluruh kurator dikumpulkan dalam sebuah rapat kemudian memutuskan para pemenang secara bersama melalui diskusi. Diskusi terjadi cukup alot, namun begitu pada akhirnya inilah komik terbaik dari seluruh komik yang telah terbit dalam satu tahun terakhir.

Karya-karya telah telah dipilih oleh kurator yang mumpuni di bidangnya, sehingga komik-komik ini boleh dikatakan terbaik dari yang terbaik, berikut adalah profil kurator Kosasih Award.

Seno Gumira Ajidarma

Advertisement Inline

Lahir di Boston, Amerika Serikat, 19 Juni 1958 adalah penulis dari generasi baru di sastra Indonesia. Beberapa buku karyanya adalah atas nama malam, Wisanggeni-Sang Buronan, Sepotong Senja untuk Pacarku, Biola Tak Berdawai, Kitab Omong Kosong, Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, Negeri Senja, dan Naga Bumi. Sampai saat ini Seno telah menghasilkan puluhan cerpen yang di muat di beberapa media massa. Cerpennya Pelajaran Mengarang terpilih sebagai cerpen terbaik kompas 1993. Pada Tahun 1987, Seno mendapat Sea Write Award. Berkat cerpennya Saksi Mata, Seno memperoleh Dinny O’Hearn Prize for Literary pada tahun 1997

Henri Ismono

lahir di Salatiga 28 September 1965. Sejak tahun 1994 bekerja sebgai jurnalis di Tabloid Nova. di sela-sela kesibukannya, ia rajin mengoleksi komik indonesia. Catatan tentang komiknya dimuat untuk mengantarkan komik Tumbal karya Man (terbit tahun 2009), iblis mengamuk di Mataram (tahun 2010), dan akan terbit juga komik Roseta karya Man. Profilnya sebagai kolektor komik dimuat di harian Koran Jakarta. Ia juga meunlis buku. Bukunya yang sudah terbit berjudul “Aku Wanita Terkaya (Elexmedia Komputindo 2009) dan ” Laskar Pejuang 9 Wanita Wirausaha (Elexmedia Komputindo 2010).

Hikmat Darmawan

Peneliti dan penulis komik di beberapa media, pernah menerbitkan hasil pengamatannya tahun 2001 dalam sebuah buku yang berjudul “Dari Gatot Kaca Hingga Batman; Potensi-Potensi Naratif dalam Komik”. Terlibat dalam mendirikan komunitas dan organisasi seperti Musyawarah Burung, Akademi Samali, Rumahfilm, dan menjadi pengajar di sekolah menulis dan komik Plotpoint. Pada tahun 2012 menerbitkan  buku ‘How to Make A Comic’. Kini aktif di Koalisi Seni dan Dewan Kesenian Jakarta.

Rege Indrastudianto

Lulusan Desain Komunikasi Visual di IKJ pada tahun 2005. Mendirikan Vision Studio dan blog grafismasakini.com. sebelum mendirikan vision studio, ia telah banyak bekerja sebagi desain grafis di Ogilvy & Mather dan Lowe Indonesia, dan kini aktif sebagai ketua ADGI cabang Jakarta .

Penghargaan

Ratusan komik yang telah terbit dalam rentang waktu satu tahun menggambarkan bahwa komik Indonesia sebetulnya sudah semakin maju, yang perlu dibangun saat ini adalah iklim industri yang saling mendukung antar komikus, penerbit dan elemen lainnya sehingga dapat terbangun sinergi, elemen-elemen tersebut merupakan kesatuan yang tidak bisa berdiri sendiri untuk memajukan komik Indonesia.Pada Akhirnya seluruh pemenang dari tiap kategori akan mendapatkan Piala Kosasih Award yang merupakan penganugerahan tertinggi bagi komik Indonesia.

Nominasi Komik 2016

Nominasi Karakter Komik Terbaik: (1) Arif dan Imam, kasogo Pratomo & Azam, (2) Japarr, Glenn Ardiansya & Edya, (3) Hama, Potonv, (4) Timun, Alex Irzaqi; Nominasi Sampul Komik Terbaik : (1) Halo Ibu, Aku Kangen, Sheila Rooswitha, Octopus, (2) Mendung Bertulang, Gandhi Eka, (3) Kala Part 2, Ram, (4) Fantasteen : Sekolah Zombie, Fatimah Assegaf, Hasan; (5) Hama, Potonv; Nominasi Komik Strip Terbaik : (1) Arif dan Imam, kasogo Pratomo & Azam, (2) Digidoy, M Arief Siregar, Fajar Maulana H, Vera Riyani, DOdi Pratama, Yasir Harahap, WIra Tama, (3) Zombinesia, (4) Komiktitit, (5) Maghfirare, (6) Komikfaktap, Iskandar, (7) Kostum, Haryadhi, (8) Komikazer, Reza Mustar; Nominasi Gambar Terbaik : (1) Fajar di Hastina, Apriyadi K, (2) Ksatria Topeng Emas, Toto Winaryo, (3) Kala, Ram, (4) Minor, Jink, (5) Sepotong Kisah Sepenggal Kepala, Abdoel Semute, 6) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto, (7) Phagia, Alzein P Merdeka, (8) Hama, Potonv, (9) Lampion Merah, Aris Mybret, (10) Timun, Alex Irzaqi; Nominasi Cerita Komik Terbaik : (1) Serat Tripama, Sudjiwo Tedjo, Bentang, (2) Timun, Alex Irzaqi, (3) Phagia, Alzein P Merdeka, (4) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto; Nominasi Cerita Pendek Terbaik : (1) Gugusan Pintu: Asylum, R29, Disko, (2) Harimau dari Madiun, Aji Prasetyo, (3) Khadam, Zoe Iskandar (4) Untuk Menik, Aji Prasetyo, (5) Sepanel 3 hati: The Book of Truth, Desi Rismayanti, (6) Jet-Jetan, Ogi Prasety; Nominasi Komik Kampus Terbaik : (1) Oppa!!, Cantika, (2) Mallique, Ahmad Alhamra Putra, (3) Inyong Bocah UNY, Anggoro Adhi Nugroho, (4) SIkat John!, Febrian Doni, (5) Duka, Jasmine Hanny Surkatty, Binus; Nominasi Komik Terbaik: (1) Timun, Alez Irzaqi, (2) Phagia, Alzein P Merdeka, (3) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto, (4) Fajar di hastina, Apriyadi K.

Malam Penganugerahan

Malam Penganugerahan Kosasih Award dilaksanakan pada acara POP CON ASIA 2016, 12 Agustus 2016, pukul 18.30 di Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta .

Pemenang Kosasih Award 2016

  1. Karakter Komik Terbaik: Timun (Alex Irzaqi)
  2. Sampul Komik Terbaik: Hama (Potonv)
  3. Gambar Komik Terbaik: Ksatria Topeng Emas (Toto Winarno)
  4. Komik Pendek Terbaik: Harimau dari Medan ( Aji Prasetyo)
  5. Cerita Komik Terbaik: Phagia (Alzein P Merdeka)
  6. Komik Kampus Terbaik: Oppa!! (Cantika)
  7. Komik Strip Terbaik: Digidoy (M Arief S, Fajar M, Vera R, Dodi P, Yasir H, Wira)
  8. Komik Terbaik: Hama (Potonv)

Piagam

  1. Penghargaan Khusus : Sepotong Kisah Sepenggal Kepala (Abdoel Semute)
  2. Apresiasi Khusus : 9 Kisah Dakwah Wali Songo (Gerdi W K)

Pelaksana

  • Citra Pawitra

Gerakan para stakeholder komik Indonesia dengan mengabadikan nama komikus legendaris, RA Kosasih, untuk menjadi acuan perkembangan komik Indonesia.

Partner

  • Akademi Samali

Komunitas yang didirikan pada tahun 2005 oleh Beng Rahadian, Hikmat Darmawan dan Zarki ini pada awalnya berlokasi di Jalan Samali Pasar Minggu. Para founder ini berprofesi sebagai illustrator dan komikus. Tujuan didirikan Akademi Samali ini adalah untuk mengembangkan sistem pendidikan terbuka melalui kegiatan workshop dan diskusi interaktif dan tidak mengikat. Workshop yang diadakan bersifat gratis, segala biaya workshop ditanggung oleh sponsor. Akademi Samali memanfaatkan sistem pameran untuk berpromosi. Cita-citana sederhana, ingin memajukan perkembangan komik dalam negeri.

  • POP CON ASIA 2016

POP CON ASIA adalah “Popular Culture Convention” yang merupakan salah satu acara terbesar di Asia yang berisi berbagai kegiatan kreatif seperti Komik, toys, Film dan Animasi dari berbagai pelaku di industri kreatif di Asia. Kegiatan tersebut telah menjadi suatu industri besar di dunia hiburan modern. Kegiatan ini selalu membawa nama-nama besar di dunia hiburan seperti komikus, animator, games dan juga mengangkat para kreator lokal. Ajang ini diharapkan menjadi pengalaman berbagi informasi dan ilmu pengetahuan sehingga dapat mendatangkan keuntungan di dalam negeri, khususnya industri kreatif lokal.

  • Kreavi.com

Pekerja kreatif visual Indonesia kini memiliki tempat kumpul virtual di sebuah situs web jejaring sosial buatan lokal. Pekerja kreatif bisa membuat galeri untuk memamerkan karyanya. Bahkan, jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai bursa mencari peluang bisnis dan pekerjaan.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak ada hubungan dengan kebijakan editorial KAORI Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.