BAGIKAN

Ada sesuatu yang unik disalah satu stand pagelaran Popcon Asia 2016! Sebuah label Kedutaan Besar (Kedutbes) Bekasi menjadi perhatian pengunjung. Di tempat ini disajikan berbagai karya kreatif. Kedutaan Besar Bekasi bukanlah sebuah kedubes dalam arti sebenarnya, melainkan sebuah forum kreatif yang dibangun oleh para kreator asal Bekasi. Terbentuk sejak 1 November 2015, Kedubes Bekasi berkeinginan agar Bekasi memiliki semangat ke-Bekasi-an, yang berarti bahwa para kreatornya bangga berkarya di kota tempat tinggal mereka, sehingga di Bekasi dapat tercipta iklim industri kreatif yang kondusif dan menyenangkan, tak kalah dengan kota-kota lain seperti Jakarta, Bandung, Yogya maupun Surabaya.

Para kreator berkolaborasi dan menggerakkan berbagai kegiatan mencipta karya mulai dari komik, ilustrasi, novel dan juga mendekatkannya kepada masyarakat umum lewat perhelatan seperti Pasar NgampArt, forum diskusi Komik Konko, panggung musik, teater, bahkan deklamasi puisi, serta berbagai seminar dan workshop kreatif. Mereka juga ikut serta dalam proses mempublikasikan dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya artifak bersejarah dan isu-isu positif lainnya lewat kolaborasi dengan komunitas-komunitas seperti Earth Hour dan Bekasi Berkebun.

Kehadiran Kedubes Bekasi ini merupakan pertama kalinya di Popcon Asia 2016, “Tahun-tahun sebelumnya para kreator di sini hanya pengunjung atau paling tidak beberapa memang ikut kolaborasi dengan berbagai kreator dari wilayah Indonesia. Dan ini pertama kalinya, kami para kreator benar-benar menunjukkan identitas kami sebagai warga Bekasi,” ungkap Muhammad Khalid salah satu kreator asal Bekasi.

Advertisement Inline

Ia juga mengungkapkan rasa senangnya terhadap pengunjung yang mengapresiasi dan mendukung karya mereka, terlebih di acara seperti inilah para kreator dapat menjelaskan maksud dari penamaan dan tujuan dibentuknya Kedubes Bekasi sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman, dan tentu saja dengan bonus banyaknya pengunjung yang membeli hasil karya mereka. Layaknya sebuah kedubes, para kreator memiliki kantor dalam bentuk kedai santai yang bermarkas di Jalan Raya Jatikramat Nomor 2A, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Mari berkunjung dan berkolaborasi!

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak ada hubungan dengan kebijakan editorial KAORI Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.