BAGIKAN

Umumnya, aliansi sister group merupakan hal yang sering kita dengan dalam kegiatan per-idol-an. Namun kali ini, ada sister group yang terbentuk dari dua perusahaan yang bergerak di bidang transportasi berbasis rel yang beroperasi di daerah pegunungan!

Fuji Kyuko Co.,Ltd (Fujikyu) yang merupakan salah satu perusahaan operator kereta api (KA) swasta di Jepang, tepatnya di daerah Gunung Fuji, akan merayakan peringatan aliansi yang ke-25 tahun dengan salah satu operator KA di Swiss yaitu Matterhorn Gotthard Bahn (MGB). Terbentuknya aliansi ini bertepatan dengan ulang tahun ke-65 Fujikyu dan juga yang ke-100 bagi MGB.

Aliansi yang terbentuk pada tahun 1991 ini didasari oleh kesamaan Motto kedua perusahaan yaitu Keramahan, Kepercayaan, Keamanan, dan Aksi. Tidak hanya itu, kedua perusahaan ini merupakan perusahaan operator KA yang sama-sama beroperasi di daerah pegunungan, Fujikyu yang beroperasi di Gunung Fuji dan MGB di Gunung Matterhorn.

Advertisement Inline

Untuk merayakan hal tersebut, Fujikyu telah “mengubah” tampilan eksterior dari salah satu armada kereta rel listrik (KRL) seri 6000 miliknya yaitu 6501F menjadi KRL Tematik dengan skema warna ala kereta MGB. Selain itu, terdapat logo perayaan pada bagian samping KRL yang di-desain oleh Eiji Mitooka yang juga pernah mendesain interior serta eksterior KRL “Fuji View Express” dan juga “Fuji Tozan Densha”. Logo tersebut juga dipasang sebagai Head Mark (HM) pada kereta-kereta milik Fujikyu lainnya mulai dari tanggal 15 September.

Tampilan Eksterior dari KRL seri 6000, 6501F dengan desain ala kereta MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp
Tampilan Eksterior dari KRL seri 6000, 6501F dengan desain ala kereta MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp
Logo perayaan 25 tahun aliansi Fujikyu dengan MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp
Logo perayaan 25 tahun aliansi Fujikyu dengan MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp

KRL seri 6000 sendiri merupakan KRL yang dibeli oleh Fujikyu dari JR East pada tahun 2012 sebanyak 12 kereta. 12 kereta yang dibeli oleh Fujikyu ini disusun dengan formasi 3 kereta (SF3) dalam satu rangkaian dengan susunan 2 kereta penggerak (M) dan 1 Trailer (T).

KRL seri 6000 milik Fujikyu | Foto: SatoHiro
KRL seri 6000 milik Fujikyu | Foto: SatoHiro

Fujikyu juga akan menjual wine dengan gelas khusus yang biasa dijual di kereta MGB. Gelas ini didesain secara khusus agar tidak mudah tumpah saat berada dalam perjalanan kereta. Gelas seharga ¥‎2500 atau sekitar Rp 320.000,00 ini akan dijual mulai dari tanggal 18 September.

"The Inclined Wine" | Sumber: fujikyu-railway.jp
“The Inclined Wine” | Sumber: fujikyu-railway.jp

Tidak ketinggalan, Fujikyu juga akan menyediakan tiket spesial atau tiket memorial untuk perayaan ini. Tiket spesial ini hanya tersedia sebanyak 500 lembar dan dijual seharga ¥850 atau sekitar Rp110.000,00 per lembarnya dan akan dijual mulai tanggal 18 September.

Tiket Memorial 25 Tahun Perayaan Aliansi dengan MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp
Tiket Memorial 25 Tahun Perayaan Aliansi dengan MGB | Sumber: fujikyu-railway.jp

Tertarik merayakannya bersama Fujikyu?

Cemplus Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.