15 tahun sudah kereta rel listrik (KRL) seri 2000 beroperasi di jalur Fujikyuko milik Fuji Kyuko Co., Ltd, atau yang dikenal dengan nama Fujikyu. KRL yang dibeli dari East Japan Railway Company (JR East) pada tahun 2001 ini telah memasuki masa pensiunnya yang kedua dan akan segera digantikan operasionalnya oleh KRL yang lebih baru.

Dahulu, KRL ini merupakan KRL seri 165 yang dioperasikan oleh Japanese National Railways (JNR) pada tahun 1963. JNR sendiri merupakan perusahaan operator kereta nasional Jepang yang akhirnya diprivatisasi menjadi Japan Railways (JR) di berbagai wilayah pada tahun 1987, dimana JR East termasuk dalam gugusan perusahaan operator kereta api (KA) Jepang ini. Setelah memasuki masa pensiunnya di JR East, beberapa set KRL ini dibeli oleh Fujikyu. Sebagai operator berikutnya, sebelum didinaskan, Fujikyu melakukan sedikit perubahan pada kereta ini dan mengganti namanya dari seri 163 menjadi seri 2000.

KRL seri 165 milik JR saat melaksanakan perjalanan terakhirnya di jalur milik JR | Sumber: Sui-setz (En.wikipedia.org)
KRL seri 165 milik JR saat melaksanakan perjalanan terakhirnya di jalur milik JR | Sumber: Sui-setz (En.wikipedia.org)

KRL ini memiliki bentuk kabin yang berbeda di kedua arahnya. Pada salah satu arah, KRL ini memiliki bentuk kabin asli dari KRL seri 163 milik JR East, namun pada arah lainnya kabin untuk masinis terdapat di atas tempat duduk penumpang. Kabin dengan model aerodinamis ini dibuat pada masa pengelolaan JR East dan diberi nama Panorama Express Alps. Kabin model ini sengaja dibuat agar penumpang dapat merasakan sensasi pemandangan luar biasa yang biasanya hanya dilihat oleh masinis.

Dua kabin yang berbeda |Sumber: RSA (En.wikipedia.org)
Dua kabin yang berbeda | Sumber: RSA (En.wikipedia.org)

Tahun ini merupakan tahun terakhir bagi KRL seri 2000 untuk mengabdi di lintas. Terlepas dari batas masa penggunaan KRL bukan baru yang biasanya hanya diberi waktu selama 15 tahun, perkembangan teknologi dan juga peningkatan pelayanan merupakan beberapa faktor yang mendorong operator KA untuk melakukan regenerasi armada dengan menghadirkan KRL yang lebih baru.

Seperti pada umumnya, setiap kereta yang akan pensiun akan diberikan satu perjalanan penutup masa operasinya (Last Run) sebagai bentuk rasa terima kasih terhadap jasa KRL ini. Minggu (7/2) waktu setempat, dibawah guyuran salju KRL seri 2000 ini melaksanakan perjalanan terakhirnya seperti yang telah diumumkan oleh pihak Fujikyu pada bulan Desember lalu. Pada perjalanan terakhir ini, tampak bagian luar KRL mengalami perubahan pada gambar tokoh gunung Fuji yang sebelumnya berwajah riang, kini gambar tokoh tersebut mengeluarkan air mata dengan kata “Arigatou” di dekatnya, layaknya kereta ini mengucapkan terima kasih untuk yang terakhir kalinya kepada penumpangnya.

S__6520836
Salah satu gambar tokoh gunung Fuji pada salah satu kabin KRL ini | Foto: Satou Hiroki

Beberapa penggemar kereta api (Railfans) di Jepang pun tidak mau ketinggalan untuk ikut naik serta mengabadikan momen berharga ini. Tidak hanya Railfans, Beberapa warga setempat ataupun penumpang setia yang sering menaiki KRL ini juga turut hadir. Uniknya, pada beberapa KRL lain milik Fujikyu, terdapat Head Mark (HM) yang mengabarkan perjalanan terakhir KRL seri 2000 ini, seperti pada KRL seri 6000 yang merupakan eks-KRL seri 205 di jalur Keiyo milik JR East yang juga dibeli oleh Fujikyu pada 2012 lalu.

Terlihat Kru dari Fujikyu yang memberi hormat kepada KRL seri 2000 dan beberapa Railfans yang sedang mengabadikan momen keberangkatan KRL ini | Foto: Satou Hiroki
Kru Fujikyu memberi hormat kepada KRL seri 2000 dan beberapa Railfans yang mengabadikan momen ini | Foto: Satou Hiroki
Head Mark (HM) pada KRL seri 6000 milik Fujikyu | Foto: Satou Hiroki
Head Mark (HM) pada KRL seri 6000 milik Fujikyu | Foto: Satou Hiroki

Kedepannya, tugas operasi KRL ini akan digantikan oleh KRL Fujikyu seri 8000 dan juga oleh KRL yang baru dibeli oleh Fujikyu dari Central Japan Railway Company (JR Central), yaitu KRL seri 371 yang nantinya akan dimodifikasi terlebih dahulu di Balai Yasa (BY) Nagano seperti yang telah diberitakan di artikel ini sebelumnya.

Kereta Fujisan View Express Train | Ilustrasi: Eiji Mitooka
Kereta Fujisan View Express terbaru | Ilustrasi: Eiji Mitooka

Selamat Jalan, Fujikyu 2000!

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.