Siapa mau tiket 28 ribu?

Seberapa salty hatimu saat sudah berkali-kali nge-gacha di permainan mobile kesukaanmu, hanya untuk mendapatkan kartu yang tidak kamu inginkan? Hatimu akan lebih asin kalau ikut gacha yang satu ini. Gacha tiket kereta api promo!

Berbeda dengan gacha di permainan seperti Deresute dan Granblue Fantasy, PT Kereta Api Indonesia (KAI) jarang menyediakan tiket promo. Bila pemain Granblue Fantasy bisa menggelontorkan uang sampai jutaan rupiah demi mendapat kartu langka (SSR) idamannya, para pemburu tiket promo justru kebalikannya alias rela begadang sampai mendapat perjalanan terbaik.

Dalam promo edisi ulang tahun KAI ke-71 ini, tersedia tiket untuk keberangkatan tanggal 27-29 September dengan harga 28 ribu rupiah. Tiket ada di berbagai kelas kereta sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan promonya – tak peduli tanggal 27-29 itu hari kerja -.

Advertisement Inline

Jadi, kisah asin apa yang terjadi dalam promo kali ini?

Kelahi!
Kelahi!

Situs Down, KAI Access Membeku

Lazimnya para pemburu tiket promo, nge-gacha edisi ini bakal ditentukan dengan keandalan koneksi internet yang dipakai dan banyak keberuntungan. Sayangnya, server situs KAI crash. Muncul beragam tulisan, salah satunya “Anda Masuk Ke Dalam Antrian System” sampai yang bikin jengah seperti AccesDenied to Database”.

Sebagian berburu via aplikasi KAI Access di ponsel. Tapi sedihnya, tetap saja error. Aplikasi membeku dan tiket tak bisa dipesan. Yang bisa masuk, selalu gagal saat mencari perjalanan.

Gacha-mu ampas, mas.
Gacha-mu ampas, mas.

Berhasil Masuk, Tapi Langkahmu Terhenti….

Setelah berhasil menembus neraka server, kamu tentu memasukkan pilihan kereta api yang hendak kamu pesan dan keluar tulisan Pesan di samping kanan kereta yang kamu inginkan. Tapi jangan senang dulu karena langkahmu masih bisa terhenti di mana saja. Entah saat memilih “Pesan”, entah saat mengisi data diri, atau saat hendak memilih posisi kursi. Error-nya mulai dari bangku telah habis, tidak ada daftar tunggu (wtf), atau laman web yang diam seribu bahasa saat hendak memilih metode pembayaran. Khusus pengguna KAI Access, ada yang terpentok batas maksimum empat kode booking per akun. Ouch.

Sudah Berhasil Dapat Kode Pembayaran, Tapi Tak Bisa Dibayar

Tahun ini ada anomali dalam sistem pemesanan tiket. Muncul laporan sejumlah pemesan tiket (wabilkhusus pemesan tiket Argo Bromo Anggrek) gagal membayar pesanannya meskipun kode pembayaran sudah dikeluarkan. Padahal belum tiga jam.

Alam dan faktor lain bisa jadi penghadang. Ada yang sudah bergembira mendapat tiket kereta Argo, hendak melangkah ke ATM dengan semangat 45, tapi dihadang oleh hujan. Mungkin lebih apes kalau uangnya tak cukup untuk membayar.

situs_resmi_pt-_kereta_api_indonesia_persero_-_2016-09-24_04-14-56
Dapet gak ya… Dapet gak ya….

Bisa Berangkat Tak Bisa Pulang (dan Bisa Nge-gacha Orang Tapi Sendirinya Gagal)

Rasa sumringah terpancar saat sudah berhasil membayar tiket untuk berangkat, tapi bagaimana tiket pulangnya? Tak bisa berharap banyak, langsung menyikat apapun kereta promo yang lewat, atau apesnya justru pulang dengan tarif normal.

Ada juga yang memesankan tiket untuk temannya dan berhasil, tapi gagal saat mencari tiket untuk dirinya sendiri. Aduh, rek!

Untung-Untung Sial: SSR Lewat di Depan Mata, Apa Daya Hanya Dapat R

Ada tiga macam kelas kereta yang di-gacha-kan. Dari yang paling mantap, kereta SSR seperti Argo Bromo Anggrek, Argo Dwipangga, dan Bima (yang memakai K1 buatan 2016). Ada SR seperti kereta Taksaka, Bangunkarta, dan kelas eksekutif lainnya. Ada “R” seperti kereta ekonomi AC Jayabaya, kereta bisnis Fajar/Senja Utama, atau yang paling apes: kereta ekonomi Progo.

Berhubung harga tiket kereta ekonomi non-PSO sudah cukup mahal ditambah sistem IT yang menyebalkan, ada yang merasa cukup dengan gacha kelas R-nya, lebih baiklah daripada tak bisa pulang. Sampai ia online di grup chat-nya dan hanya bisa manyun melihat temannya yang berhasil dapat tiket SSR.

Bagaimana ceritamu berburu gacha tiket promo KAI kali ini? Segaram apa rasanya? Apa kamu berhasil mendapat tiket SSR atau terpaksa puas dengan tiket Progo?

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.