Hasmi Sang Komikus Gundala Tutup Usia

1

Hasmi. Salah satu komikus senior Indonesia dilaporkan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu 6 November 2016. Almarhum meninggal pada pukul 12.30 WIB pada usia 69 tahun.

Terlahir pada 25 Desember 1946 dengan nama Isman Surasa Dharmaputra, karena sering sakit, nama kecil itupun diubah oleh orangtuanya menjadi (orang-orang ketika itu meyakini bahwa anak yang sering sakit adalah karena ‘keberatan’ nama) Harya Suryaminata, Hasmi adalah salah satu komikus dan penulis skenario Indonesia asal Yogyakarta. Salah satu karya beliau adalah serial pahlawan super Gundala Putra Petir, terbit sebanyak 23 judul buku antara 1969-1982, yang kemudian diterbitkan ulang pada tahun 2005. Kesuksesan kisahnya telah membuat Gundala Putra Petir diadaptasi menjadi film yang dirilis pada tahun 1981 dengan aktor Teddy Purba yang berperan sebagai Gundala. Film terbaru Gundala, Gundala The Movie, direncanakan dibuat kembali. Adapun sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, almarhum tengah menyiapkan komik terbaru daru Gundala dengan judul Bangkitnya Ki Wilawuk, yang sedianya akan diserialisasikan di harian KOMPAS, bekerjasama dengan BumiLangit.

Atas berbagai karya-karyanya selama hidup, Almarhum sempat dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement dari Pemprov DKI Jakarta.

KAORI Nusantara mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhum. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberi ketabahan bagi yang ditinggalkan serta semoga karya-karyanya tetap dikenang tak lekang oleh zaman.

KAORI Newsline | Courtesy of Andy Wijaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.