hasmi

Ajang Jakarta Cosplay Parade telah sukses dalam mengumpulkan para Cosplayer baik dari dalam dan luar negeri untuk berbaur berparade bersama-sama. Lebih dari 1000 orang cosplayer dari dalam dan luar negeri memadati Lapangan Silang Monas Jakarta Sisi Timur dan Selatan pada 2 November 2014 lalu dengan dandanan menyerupai berbagai macam karakter-karakter baik komik, animasi, maupun video game dan lainnya pada ajang Jakarta Cosplay Parade yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dengan tujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi para pelaku pop-culture khususnya cosplayer Indonesia untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam karya-karyanya sekaligus mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya.

Salah satu tujuan dari pergelaran Jakarta Cosplay Parade adalah membangkitkan kembali karakter-karakter legenda nusantara Indonesia yang sudah terlupakan oleh generasi muda maupun semakin memperkenalkan karakter-karakter baru supaya lebih dikenal dan menjadi pengingat bahwa Indonesia memiliki karakter-karakter yang tidak kalah hebat dengan karakter manga, anime, film, komik dan video games dari luar negeri. Dengan mengusung tema “Rising of Indonesian Legend”, Jakarta Cosplay Parade memberikan ruang khusus kepada mereka yang ingin mengcosplaykan karakter-karakter lokal buatan para komikus maupun animator asli Indonesia untuk unjuk kebolehan bersanding dengan karakter-karakter luar negeri yang sudah memiliki reputasi internasional. Beberapa karakter klasik seperti Carok, Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Pandawa Lima, termasuk Merpati sang kekasih Gundala yang dimainkan dengan apik oleh Mia Hyoosuke ini maupun karakter baru seperti Setan Jalanan, Volt, termasuk Garudayana maupun Grand Legend Ramayana dan karakter asli buatan anak bangsa lainnya tampil unjuk kebolehan bersanding dengan Batman, Superman, Hatsune Miku, maupun Attack on Titan lengkap dengan kuda dan pawangnya.

Advertisement Inline

IMG05619-20141102-1958

Datang dengan X-WING sambil dikawal oleh para Jedi

Dalam rangka membangkitkan kembali karakter-karakter legenda nusantara Indonesia yang sudah terlupakan oleh generasi muda maupun semakin memperkenalkan karakter-karakter baru supaya lebih dikenal dan menjadi pengingat bahwa Indonesia memiliki karakter-karakter yang tidak kalah hebat dengan karakter manga, anime, film, komik dan video games dari luar negeri ini, ajang Jakarta Cosplay Parade bukan hanya menampilkan karakter-karakter baik dari Indonesia maupun luar negeri dalam bentuk cosplay. Tak lupa Pemprov DKI Jakarta sebagai penyelenggara dair Jakarta Cosplay Parade juga memberikan penghargaan kepada kreator-kreator dari produk-produk kreatif Indonesia di mana karya-karya mereka menjadi inspirasi bagi para cosplayer untuk “dihidupkan” bersanding dengan karya-karya luar negeri yang sudah lebih banyak dikenal masyarakat.

10374532_10203100065731509_1048696299493172004_n

Pak Hasmi menuruni X-WING bersiap menerima penghargaan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, pada ajang Jakarta Cosplay Parade 2 November 2014 lalu menganugerahkan penghargaan Lifetime Achievement kepada Harya Suraminata atau lebih dikenal dengan nama Hasmi. Hasmi adalah salah satu komikus dan penulis skenario terkenal di Indonesia. Karya Hasmi yang dikenal adalah Gundala Putra Petir, seorang tokoh dalam komik Indonesia. Sebanyak 23 judul buku seri Gundala terbit antara 1969-1982. Beberapa komik karangan Hasmi selain Gundala di antaranya adalah Kalong, Pangeran Mlaar, Sembrani, Maza, dan berbagai judul lainnya.

1461156_10203100069131594_2009167944266479457_n

Pak Hasmi menerima penghargaan melalui Bapak Arie Budhiman selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta

Dengan mengendarai kendaraan khas dari seri Star Wars, yakni X-Wing, kehadiran Hasmi pada ajang Jakarta Cosplay Parade di mana dirinya juga datang dengan kawalan sepasukan Jedi dari film fenomenal Star Wars, Hasmi kemudian datang menuju panggung untuk menerima penghargaan Lifetime Achievement yang diberikan oleh Arie Budhiman selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Penghargaan Lifetime Achievement diberikan atas sumbangsih Hasmi bagi bangsa Indonesia dalam dunia kreatif khususnya dunia Komik Indonesia. Selain menerima penghargaan, Hasmi juga ikut terlibat dalam pengumuman pemenang kompetisi yang diselenggarakan pada ajang Jakarta Cosplay Parade.

Adapun karya monumental Hasmi yaitu Gundala Putra Petir rencananya akan kembali diangkat menjadi film dengan disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan skenario ditulis oleh Agus Kuntz dengan jadwal rilis tahun 2016.

KAORI Newsline | Teks oleh Dody Kusumanto | Foto oleh Dody Kusumanto, Rafly Nugroho, dan Kevin Wilyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.