Persaingan antara layanan wisata kereta tidur super mewah antar operator kereta api (KA) di Jepang kembali memanas. Setelah sebelumnya East Japan Railway Company (JR East) meluncurkan “The Train Suite Shiki-Shima”, kini giliran West Japan Railway Company (JR West) yang akan segera meluncurkan layanan kereta tidur super mewahnya.

Bersaing dengan The Train Suite Shiki-Shima milik JR East sebagai kereta tidur super mewah, JR West tidak tanggung-tanggung untuk membuat kereta tidur terbarunya. Membawa nama salah satu layanan kereta tidur legendarisnya, JR West mengusung nama “Twilight Express MIZUKAZE” pada layanan kereta tidur super mewah terbarunya yang akan melaksanakan debutnya pada tanggal 17 Juni 2017 mendatang, dengan harapan layanan baru ini dapat melanjutkan kebanggaan dan tradisi pendahulunya.

Advertisement Inline

Baca Juga: JR East Siapkan Perjalanan Kereta Tidur Super Mewah Termahal di Jepang

Didesain sebagai kereta rel diesel (KRD) Hybrid, Mizukaze dibekali dengan 2 sistem propulsi yaitu dengan tenaga listrik yang dibangkitkan oleh generator diesel (Diesel Electric) serta dengan sistem battery-assisted motor drive atau dengan tenaga baterai. Generator diesel yang digunakan pada kereta tersebut terletak pada dua ujung rangkaian. Rangkaian Mizukaze sendiri dibuat bersama oleh dua pabrikan kereta Jepang yaitu Kawasaki Heavy Industries serta Kinki Sharyo.

Twilight Express Mizukaze
Twilight Express Mizukaze

Konsep desain dari kereta Mizukaze ini sendiri berdasar kepada “Kualitas superior dengan sentuhan nostalgia”, dimana kereta ini memiliki perpaduan desain antara sentuhan Vintage dengan sentuhan Modern yang menciptakan suasana rileks serta atmosfer yang menggugah jiwa dan raga. Di belakang kereta Mizukaze, berdiri dua orang desainer terkenal yang bertanggung jawab atas desain eksterior dan interior dari kereta ini yaitu Tetsuo Fukuda pada bagian eksterior dan Kazuya Ura pada sisi interior.

Dengan formasi 10 kereta, Mizukaze terdiri dari 6 kereta tidur, satu kereta Lounge, satu kereta restorasi, dan 2 kereta observasi yang terletak di kedua ujung rangkaian. Dari 6 kereta tidur, terdapat 3 jenis kamar yaitu Twin yang merupakan kamar dengan dua tempat tidur, Single yang hanya memiliki satu tempat tidur, dan Suite yang berupa satu kereta layaknya rumah sendiri. Anda dapat melihat detil dari kamar-kamar yang disediakan pada tautan ini.

stamformasi_id
Formasi dari kereta Mizukaze
Kereta Observasi | Sumber: JR West
Kereta Observasi | Sumber: JR West

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.