Perusahaan operator kereta api (KA) di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan berbagai inovasi. Kali ini, KAI memperkenalkan salah satu inovasi terbarunya berupa kartu membership yang dapat digunakan sebagai kartu pembayaran bernama RAILPAY pada Senin (19/12) di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. Pada peluncuran perdananya, hadir sejumlah pejabat seperti Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Direksi Bank BNI, Mandiri, dan BRI, serta BUMN-BUMN lainnya. Selain itu, hadir juga CEO General Electric Indonesia, Handry Satriago.

Seperti yang telah disebutkan, RAILPAY ini juga dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dengan sistem uang elektronik (e-money) untuk bertransaksi di mana pun yang memungkinkan untuk penggunaan uang elektronik. KAI telah menggandeng sejumlah bank BUMN seperti BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk merealisasikan kartu RAILPAY ini. Ini dimaksudkan sebagai bentuk sinergi antar perusahaan BUMN. Kartu ini juga mencakup membership serta loyalty program.

c0asocxusaa1luy

Kartu ini dapat digunakan sebagai Tiket Transportasi Antar Moda, seperti pembelian tiket KA jarak jauh yang dilanjutkan dengan pembelian tiket pesawat, bus Damri, atau kapal laut. Di kawasan perkotaan, kartu ini juga dapat digunakan untuk bertransaksi di KRL Commuter Line, Bus Rapid Transit (Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, dll), KA Bandara, Light Rail Transit (LRT), serta pembayaran jalan tol. Tidak hanya itu, pemanfaatan kartu ini juga dapat mencakup pembayaran lainnya seperti parkir, pom bensin, minimarket, serta tagihan listrik, telefon, dll.

Menteri BUMN Rini Soemarno mencoba menggunakan RAILPAY untuk naik KRL Commuter Line
Menteri BUMN Rini Soemarno mencoba menggunakan RAILPAY untuk naik KRL Commuter Line | Sumber: @KAI121
Saat mencoba bertransaksi di salah satu minimarket menggunakan RAILPAY | Sumber: @KAI121

“Sinergi BUMN dalam bentuk kartu RAILPAY ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan konektivitas intermoda transportasi serta kemudahan bertransaksi secara cashless di sektor transportasi dan sektor lainnya hanya dengan satu kartu,” ujar Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro.

Sambutan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bpk. Edi Sukmoro, dalam acara Sinergi BUMN Penerbitan Kartu RAILPAY
Sambutan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bpk. Edi Sukmoro, dalam acara Sinergi BUMN Penerbitan Kartu RAILPAY | Sumber: @KAI121

Baca Juga: Ingin Mempunyai Kartu RAILPAY? Simak Caranya di Sini!

Cemplus Newsline by KAORI | Press Release KAI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.