Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah meluncurkan kartu membership yang dapat digunakan sebagai kartu pembayaran bernama RAILPAY pada Senin (19/12) di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. Kartu yang juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran ini juga mencakup loyalty program.
Bila hendak memiliki kartu RAILPAY, ada beberapa ketentuan yang harus dicapai. Pertama, Anda harus terdaftar di aplikasi mobile resmi KAI di ponsel pintar, KAI Access, serta telah melakukan sejumlah transaksi pembelian tiket kereta api (KA) melalui aplikasi tersebut dalam kurun waktu satu tahun. Apabila telah melalui kriteria ini, KAI akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat elektronik (e-mail) kepada calon pelanggan tersebut agar segera melengkapi data yang dibutuhkan. Setelah data dianggap lengkap, KAI akan segera mengirimkan kartu RAILPAY ke alamat calon pelanggan.
Seperti kartu uang elektronik pada umumnya, kartu ini juga dapat diisi baik dengan kartu debit atau tunai melalui ATM berlogo ATM bersama, kantor bank penerbit, atau melalui tempat pengisian yang telah bekerja sama. Tidak perlu khawatir, kartu ini juga tidak memiliki masa tenggang alias berlaku selamanya. Pengisian perdana dapat dilakukan dengan saldo minimal sejumlah Rp 100.000,00 dan saldo maksimal Rp 1.000.000,00.
Dalam penggunaannya untuk pembelian tiket, RAILPAY mempunyai dua fungsi, yaitu yang pertama sebagai e-money atau sebagai uang elektronik untuk alat bayar pembelian tiket jarak jauh, di mana nama penumpang tidak harus sama dengan nama pemegang kartu. Fungsi kedua, sebagai kartu member,dengan kata lain RAILPAY bisa digunakan untuk pembelian tiket jarak jauh dengan nama penumpang secara otomatis akan tercetak adalah atas nama pemilik kartu.
Kartu RAILPAY hanya berfungsi sebagai alat transaksi, sehingga penumpang yang akan melakukan boarding di stasiun keberangkatan harus tetap membawa kartu identitas yang sesuai guna validasi data penumpang seperti yang telah ditetapkan KAI sebelumnya.
Bagi pengguna kartu RAILPAY yang loyal menggunakan kartu ini untuk membeli tiket KA, KAI akan memberikan fasilitas berupa tambahan poin yang dapat ditukar dengan tiket KA jarak jauh maupun fasilitas pelayanan di KAI grup. Poin ini akan diakumulasikan dalam periode 1 (satu) tahun anggaran (Januari – Desember) dan akan otomatis hangus jika pada akhir periode tahun anggaran tidak digunakan.
Apabila kartu tersebut keadaan hilang atau dicuri, bank penerbit tidak dapat memblokir kartu yang hilang atau dicuri. Pihak bank penerbit juga tidak bisa mengganti sisa saldo kartu hilang/dicuri tersebut karena data saldo hanya tersimpan dalam chip kartu. Namun poin yang telah terkumpul dalam kartu RAILPAY tidak akan hilang sebab poin tersebut tersimpan di server. Kepada pelanggan yang ingin melaporkan atau menanyakan informasi seputar kartu ini dapat menghubungi Contact Center KAI 121, email kontak_pelanggan@kereta-api.co.id atau contact center bank penerbit.
Baca Juga: KAI Luncurkan Kartu Membership Serbaguna RAILPAY
Cemplus Newsline by KAORI