Armada MRT Malaysia

MRT Malaysia yang mulai beroperasi di Sungai Buloh – Kajang (SBK) Line pada Jumat (16/12/2016) menyisakan beberapa cerita menarik. Salah satunya adalah rolling stock atau armada kereta yang digunakan. Armada MRT Malaysia dipasok oleh pabrikan KA kelas dunia.

Kereta dengan desain futuristik ini diproduksi oleh pabrikan ternama asal Jerman, Siemens AG. Kereta yang beroperasi tanpa masinis ini juga dirancang oleh perusahaan yang terkenal dengan produk otomotifnya yang mendunia, yakni BMW DESIGNWORKS USA.

Rangkaian kereta MRT Malaysia saat melewati Stasiun Semantan. | Sumber: Wikipedia.
Rangkaian kereta MRT Malaysia saat melewati Stasiun Semantan. | Sumber: Wikipedia.

Dengan total keseluruhan armada sebanyak 58 rangkaian, kereta ini memiliki spesifikasi yang canggih dan modern. Desain kereta ini sendiri mengusung tema “The Guiding Light” yang mepresentasikan modern dan tak lekang oleh waktu. Design kereta sendiri terinspirasi oleh beberapa bangunan berarsitektur modern yang berpadu dengan bangunan bersejarah di Kuala Lumpur.

Advertisement Inline
Tampak bentuk wajah kereta MRT Malaysia dengan display LED.
Tampak bentuk wajah kereta MRT Malaysia dengan display LED.

Bentuk LED display yang berada di depan rangkaian kereta menggambarkan sentuhan grafis kuat yang melambangkan keanekaragaman bangunan modern di Kuala Lumpur. Design eksterior kereta yang dinamis dan tampak kokoh melambangkan kepercayaan diri dalam kemajuan teknologi, progres dan keamanan. Sedangkan bagian interior kereta yang banyak didominasi warna biru dan warna bayangan gradasi memiliki makna keanekaragaman kota. Warna biru kontras di bagian pintu sendiri dipilih untuk memudahkan penumpang. Lampu LED yang digunakan untuk menerangi kereta tak hanya berada di langit-langit kereta, tetapi juga berada di bagian bawah kursi. Fungsinya agar penumpang merasa aman dan membuat interior kereta tampang lebih lapang.

Bagian interior kereta.
Bagian interior kereta.

Spesifikasi kereta ini sendiri beroperasi di rel dengan lebar 1435 mm dan ditenagai oleh third rail dengan daya 750 V DC. Dengan 4 kereta dalam satu rangkaian, total penumpang yang bisa diangkut di setiap kereta sebanyak 300 penumpang. Bisa beroperasi dengan kecepatan maksimum 100 km/jam, kereta ini rata-rata beroperasi dengan kecepatan 70 km/jam.

Display LED di bagian interior kereta.
Display LED di bagian interior kereta.

MRT Malaysia atau Klang Valley MRT sendiri merupakan jaringan transportasi terbaru di Kuala Lumpur. Sungai Buloh – Kajang Line sendiri merupakan satu dari tiga jalur yang direncanakan oleh MRT Malaysia. Dengan total panjang 51 km yang terdiri dari 41,5 jalur layang dan 9,5 km bawah tanah, jalur yang dibuka sendiri baru dibuka untuk seksi Sungai Buloh – Semantan. Sedangkan Sungai Buloh – Kajang baru akan dibuka pada Juli 2017.

Cemplus Newsline | oleh Amri Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.