Jika sebelumnya China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Zhuzhou yang telah menyelesaikan pesanan dua lokomotif listrik untuk Serbia, kini giliran CRRC Dalian yang unjuk gigi dengan menampilkan dua lokomotif diesel terbarunya untuk Nigeria.

Dilansir dari Railway Gazette dan International Rail Journal, dua lokomotif diesel pesanan Nigeria telah ditampilkan di pabrik milik CRRC Dalian pada 5 Januari 2017. Lokomotif dengan tipe CDD3B1 ini nantinya akan diperuntukkan sebagai lokomotif penarik kereta api (KA) penumpang di jalur sepanjang 187 km antara Kaduna – Abuja yang menggunakan lebar rel standard (1435 mm).

Lokomotif CDD3B1 nomor 0001 milik NIgeria

Dengan daya 2.8 Mega Watt (MW) atau setara dengan 3800 tenaga kuda (HP), lokomotif ini dapat dipacu hingga 150 km/jam. Lokomotif ini telah didesain untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan panas, kering dan berdebu, hingga tahan terhadap badai dan kelembapan tinggi.

CDD3B1 nomor urut 2

Jalur Kaduna – Abuja ini sendiri termasuk jalur KA terbaru di Nigeria. Tiongkok memegang kendali dalam proyek jalur yang baru diresmikan pada 26 Juli 2016 ini, mulai dari pembangunan jalur KA oleh China Civil Engineering Construction Corporation, hingga pembuatan sarana lokomotif CDD3B1 oleh CRRC Dalian. Menurut CRRC, jalur ini merupakan jalur pertama di Nigeria yang menggunakan standard teknis Tiongkok.

Plat nama CRRC Dalian pada badan lokomotif

Hingga kini, CRRC Dalian telah membuat lokomotif untuk berbagai negara di Afrika seperti Afrika Selatan, Angola, Etiopia, Kongo, Tanzania, Zambia, dll.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.