Setelah memenangkan tender pengadaan dua lokomotif listrik yang diadakan oleh perusahaan pembangkit listrik negara milik Serbia, Elektroprivreda Srbije (EPS) pada tahun lalu, China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Zhuzhou Locomotive akhirnya menyelesaikan kedua lokomotif listrik tersebut. Kedua lokomotif ini langsung dikirim dari pabrik CRRC Zhuzhou ke Serbia pada 3 Januari 2017. Tender ini merupakan tender pemesanan lokomotif yang pertama kali bagi CRRC di Serbia.

Dilansir dari Railway Gazette, lokomotif listrik dengan daya 7 Mega Watt (MW) atau setara dengan 9400 tenaga kuda (HP) dan memiliki kecepatan maksimal 140 km/jam ini telah dibuat sesuai dengan standard ketentuan European Technical Specification for Interoperability (EU TSI). Lokomotif ini beroperasi khusus di lintas yang menggunakan listrik aliran atas (LAA) dengan tegangan bolak balik (AC) sebesar 25 kV dan frekuensi 50 Hz.

Lokomotif listrik pesanan EPS yang sedang diangkut ke atas trailer
Lokomotif listrik pesanan EPS yang sedang diangkut ke atas trailer

EPS sendiri akan menggunakan lokomotif ini untuk membawa angkutan Lignite (semacam batu bara) yang merupakan bahan bakar pembangkit listrik di Serbia dari Tambang Kolubara hingga Pembangkit Listrik Nikola Tesla di Obrenovac. Pada jalur tersebut, Lignite sebanyak 25 juta ton diangkut per tahunnya, yang mana nilai tonase tersebut merupakan nilai yang lebih tinggi dari total lalu lintas barang yang biasa diangkut oleh kereta api (KA) angkutan kargo nasional milik Serbia.

Hingga saat ini, EPS menggunakan dua jenis lokomotif listrik untuk jalur angkutan lignite tersebut yaitu lokomotif Končar kelas 411, dan Škoda kelas 443, serta berbagai tipe lokomotif tenaga diesel. Selain itu, EPS juga mengoperasikan jalur KA sepanjang 5 Km di area tambang Kolubara.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.